1 views

15 Wisata Kuliner Yogyakarta Yang Wajib Banget Untuk Dicoba!

4 min read

wisata kuliner yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota dengan julukan Daerah Istimewa yang diberikan oleh Mantan Presiden Indonesia, Ir. Soekarno. Kota ini memiliki cukup banyak perbedaan dari kota-kota lain. Pengangkatan sultan menjadi salah satu ikon menonjol dari kota ini. Tak hanya itu, banyak tempat-tempat pendidikan dan bersejarah di beberapa bagian kota Yogyakarta ini. Ada juga wisata kuliner Yogyakarta yang turut menambah point penting untuk kota kesultanan ini

Mayoritas penduduk asli Yogyakarta sangat amat ramah. Mereka juga sangatlah sopan dan santun kepada semua orang baik pengunjung maupun tidak. Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat bersejarah yang wajib untuk dipelajari. Selain itu, kota ini sangatlah terkenal dengan kulinernya, yaitu gudeg. Tak hanya itu, ada banyak sekali tempat kuliner yang yang perlu untuk dikunjungi saat berada di kota ini. Berikut adalah 15 wisata kuliner Yogyakarta yang wajib untuk dicoba.

1. Angkringan Lik Man

Angkriman ini sudah ada sejak tahun 1969 an. Sejujurnya, angkriman memang sudah banyak di setiap sisi Yogyakarta. Namun, di Angkriman ini memiliki sesuatu hal yang berbeda yang membuatnya lebih menonjol dan terkenal dibandingkan yang lainnya. Kopi Joss namanya.

kuliner malam angkringan lik man jogja

Kopi ini memiliki penyajian yang berbeda yakni kopi yang dicampur dengan arang yang masih merah membara. Kawasan ini berada di Kawasan Stasiun Tugu, kota Yogyakarta. Mereka buka dari pukul 18:00 hingga habis. Disini, hanya dengan uang  15.000 kita sudah mendapat 1 gelas Kopi Joss dan nasi kucing beserta lauk-lauk sederhananya .

2. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya sudah berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Cemilan ini memang berasal dari Semarang, akan tetapi kita bisa menemukan perbedaan di dalam lumpia ini saat mampir ke Lumpia Samijaya. Terdapat campuran oyong, bengkoang/telur puyuh didalamnya. Lumpia Samijaya buka pada pukul 10:00 hingga 16:00 dengan harga sekitar 3.500-4.000 setiap buahnya. Lokasi ini berada di Jl. Malioboro No. 18, Suryatmajan, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Baca juga:  10 Tempat Kuliner di Jogja yang Enak dan Kekinian Pada Malam Hari!
wisata kuliner lumpia samijaya jogja

3. Mie Ayam Bu Tumini

Cukup merogoh uang sekitar 10.000 kita bisa mendapatkan mie ayam Bu Tumini yang terkenal ini. Terdapat kuah cokelat diatasnya yang membuat makanan ini terlihat semakin menarik dan unik. Tak hanya itu, ada berbagai topping yang tersedia mulai dari daging ayam hingga ceker ayam yang tidak kalah enak sebagai penambah nikmat kala menyantap mie ayam ini. Mie Ayam Bu Tumini berlokasi di Jl. Imogiri Timur No. 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta dan selalu buka pada pukul 10:00 hingga 17:00.

kuliner mie ayam bu tumini yogyakarta

4. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Kuliner gudeg Mbah Lindu ini sudah nyaris berusia 100 tahun yang menjadikannya sebagai salah satu wisata kuliner Yogyakarta legendaris. Gudeg ini termasuk kedalam gudeg basah, yakni gudeg dengan santan yang lumayan banyak, namun rasa tetap menjadi juara.  Berada di Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Gudeg Mbah Lindu ini memiliki menu dengan harga yang dimulai dari 15.000 saja. Kawasan ini mulai beroperasi sejak 05:00-11:00.

5. Saoto Bathok Mbah Katro

Semua turis atau pelancong yang ingin datang ke Yogyakarta, wajib banget untuk mencoba ini. Satu hal yang unik darinya ialah penyajian daging sapi di dalam bathok dan memakannya harus lesehan dalam saung. Tempat ini berlokasi di Jl. Candi Sambisari No. 6 Kurwomartani, Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Buka setiap pukul 06:00-16:00 dengan harga yang sangat terjangkau yakni 5000/porsinya.

tempat makan Saoto Bathok Mbah Katro

6. Sate Klatak Pak Bari

Para penikmat film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 pasti tau tentang kuliner ini. Sate Klatak ini menjadi sangat ramai setelah ditayangkan nya film Indonesia tersebut. Namun, tempat ini memang terkenal akan kelezatan satenya dan uniknya proses pembuatan dari sate. Mereka menusukkan sate Kalatak dengan besi jeruji sepeda. Tempat ini berada di pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No. 5, Wonokromo, Pleret, Yogyakarta, Jawa Tengah.

7. Es Buah PK

Berdiri sejak tahun 1973, Es Buah PK ini memiliki isian antara lain nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, susu cokelat, alpukat, dan es batu yang diparut. PK sendiri merupakan singkatan dari “Pakuningratan”. Dengan harga sebesar Rp. 8.000 kita sudah bisa mendapatkan satu mangkuk Es Buah PK yang beroperasi di Jl. Janturan UH/UV No. 36 Warungboto, Umbulharto, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Baca juga:  Belajar Sembari Bermain, Inilah 10 Tempat Wisata Anak di Jogja Terfavorit
es buah pk yogyakarta

8. Gudeg Pawon

Gudeg ini hanya buka di malam hari sekitar 3 jam saja karena ramainya pengunjung setiap harinya mulai dari jam 22:00-01:00. Ada satu hal yang menjadi khas dari gudeg ini, yakni penggunaan kayu bakar sebagai alat untuk memasak. Berdiri sejak tahun 1958 justru tak membuat harga gudeg semakin meroket keatas. Dengan merogoh uang sebesar 11.000-24.000/porsi pengunjung sudah bisa menikmati satu piring gudeg pawon yang melegenda.

gudeg pawon jogja

9. Oseng Mercon Bu Narti

Berdiri sejak 20 tahun yang lalu, Oseng Mercon Bu Narti sangatlah terkenal karena kepedasannya. Oseng ini mempunyai isian yakni gajih, kikil, daging, tulang muda, kulit dan cabe rawit yang sangat melimpah. Para pengunjung sudah bisa menikmati pedasnya oseng mercon dengan harga mulai dari 15.000 dengan tempat yang berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

oseng mercon bu narti jogja

10. Mangut Lele Mbah Marto

Butuh perjuangan yang tidak mudah untuk memasuki tempat wisata kuliner Yogyakarta ini. Para penikmat kuliner harus memasuki sebuah perkampungan yang terletak di Jl. Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun semuanya bisa terganti dengan kelezatan lele dengan campuran cabai dan pete bersama dengan nasi hangat. Dengan harga Rp25.000 untuk satu porsi kita sudah dapat menikmati lele asap dengan kuah santan pedas fresh  dari dapur.

Mangut Lele Mbah Marto

11. Rujak Es Krim Pak Nardi

Memang terdengar aneh saat pertama kali bertemu dengan rujak bercampur eskrim ini. Namun jangan salah, Rujak Es Krim Pak Nardi yang sudah berdiri selama 4 dekade ini mampu memanjakan lidah siapapun. Rujak eskrim dengan isian eskrim buatan sendiri, saus bawang putih, bengkoang, dan aneka buah-buahan bisa di dapatkan dengan harga hanya Rp. 6.000 setiap porsinya. Tempat ini buka setiap pukul 08.00-15.00 dengan lokasi di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Yogyakarta.

rujak es krim pak nardi jogja

12. Entok Slenget Kang Tamir

Wisata kuliner Yogyakarta yang satu ini adalah entok, jenis itik yang kemudian di racik empuk dan menyengat di lidah (slenget). Berada di Jl. Pakem-Turi, Donokerto, Kab. Sleman, Yogyakarta dengan harga Rp20.000 untuk satu porsi makan beserta minumnya. Tak banyak penjual yang mau mencoba membuka bisnis makan dengan entok sebagai makanan pokoknya, namun Pak Tanir mempu menyulap entok ini menjadi makanan yang amat lezat.

Baca juga:  Informasi 10 Destinasi Wisata Terbaru Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
kuliner Entok Slenget Kang Tanir jogja

13. Wedang Ronde Mbah Paiyem

Wedang Ronde ini sangat amat legendaris hingga kabarnya, mantan presiden Soeharto pernah menjadi pelanggan usaha Mbah Paiyem. Wisata kuliner Yogyakarta ini telah dibuka sejak tahun 1960-an. Dengan harga Rp5000 setiap porsinya kita sudah merasakan enaknya ronde di tengah malam ini. Lokasi ini berada di Jl. Kauman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan buka setiap senin sampai sabtu pukul 19:00-00:00.

kuliner makanan jogja wedang ronde mbah payem

14. Wedang Tahu Bu Sukardi

Saking enaknya wedang tahu bikinan Ibu Sukardi ini, hanya butuh waktu 1,5 jam untuk membuat dagangannya habis tak bersisa.  Wedang tahu ini berisi olahan kedelai lembut lengkap degan kuah jahe yang hangat. Hanya butuh merogoh saku seharga 6000 saja kita sudah menikmati makanan ini. Wedang ini berada di Jl. Kranggan no. 75, Cokrodiningratan, Yogyakarta, Jawa Tengah.

wedang tahu bu sukardi jogja

15. Jenang Lempuyangan Bu Gesti

Jenang Lempuyangan Bu Gesti merupakan jenang yang cukup legendaris di Kota Yogyakarta. Makanan ini amat  sangat digemari oleh Presiden Soeharto dan Ibu Megawati saat masa hidupnya. Bahkan, Sultan Hamengkubuwono X sering memesan kuliner ini saat berada di Jogja dulu. Makanan ini berlokasi di Pasar Lempuyangan, Jl. Hayam Wuruk, Daerah Istimewa Yogyakarta. Makanan ini dimulai dari harga Rp5.000 saja dan selalu beroperasi di jam 08:00-11:00.

Jenang Lempuyangan Bu Gesti

Penutup

Itu tadi adalah 15 wisata kuliner Yogyakarta yang wajib banget untuk dicoba saat berkunjung di kota ini. Ada banyak sekali keunggulan yang mampu membuat para turis dan pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di Yogyakarta.

Selain terkenal karena keenakan dan keunikannya, 15 wisata kuliner Yogyakarta ini juga merupakan makanan khas Yogyakarta yang wajib banget untuk dicoba saat mengunjunginya. 15 wisata kuliner Yogyakarta ini juga mampu menambah kesan indah bagi para pengunjung yang mencicipi kelezatannya.