Menjelajah 10 Tempat Wisata Kuliner Di Bali Yang Halal Dan Enak

3 min read

wisata kuliner di bali

Siapa yang tak kenal Pulau Dewata Bali? Pulau ini merupakan destinasi wisata yang sudah dikenal luas masyarakat dunia karena keindahan alamnya. Tak hanya alam yang menjadi objek wisata dunia, wisata kuliner di Bali juga terkenal dengan rasanya yang kaya akan rempah-rempah.

Bali sendiri dihuni oleh penduduk yang mayoritas bukan Muslim, sehingga jarang di temui makanan halal. Sebelum melakukan perjalanan kuliner, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang halal atau tidaknya makanan yang dijual tersebut. Berikut ulasan beberapa tempat wisata kuliner di Bali yang masuk kategori halal:

1. Nasi Pincuk (Tekor)

Salah satu tempat wisata kuliner di Bali yang pertama ada di Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Denpasar menjadi salah satu pilihan tempat makan yang sayang untuk dilewatkan. Nasi campur khas Bali yang dilengkapi lauk lawar, serapah ayam, ayam panggang, dan kuah ares yang sudah menjadi ciri khas dari Kota Bali.

kuliner Nasi Pincuk (Tekor) bali

Nasi Tekor ini adalah salah satu makanan halal  yang dijual oleh sepasang suami istri yang sudah berusia lanjut. Warung nasi tekor ini mulai buka pada pukul 08.00 s/d 17.00. Uniknya, wadah nasi tekor ini bukanlah piring atau nampan, melainkan berwadahkan tekor atau pincuk yang dilapisi daun pisang, sehingga membuat citarasa yang lebih nikmat saat disantap.

2. Seafood Teba Cafe Jimbaran

Duduk melihat matahari terbenam sambil menikmati seafood menjadi pilihan yang tepat jika sedang berada dipinggir pantai. Jalan Bukit Permai Muaya Beach, Jimbaran Bay adalah salah satu pusat yang banyak tersedia seafood.

wisata kuliner makanan Seafood Teba Cafe Jimbaran bali

Deretan kafe yang hampir semuanya menyediakan menu seafood akan memanjakan lidah para pengunjung. Tempat wisata di Bali satu ini buka siang hari, jika ingin tempat dengan pemandangan sunset, wajib stand by jam 5. Yang menarik, tempat ini pun menyediakan candle-light dinner di tepi pantai. 

Baca juga:  10 Rekomendasi Hotel di Bali Dekat Pantai yang Bagus dan Murah!

3. Bebek Bengil

Wisata kuliner di Bali yang tak kalah enak dan halal selanjutnya adalah Bebek Bengil. Berlokasi di Pantai Nusa Dua, restoran ini dilengkapi gazebo yang berhadapan dengan pantai. Jam operasionalnya sendiri mulai pukul 10.00 dan tutup pada pukul 23.00 WITA.

kuliner khas bebek bengil bali

Tempat ini menyediakan Bebek Goreng Krispi yang nikmatnya patut diacungi jempol karena kenikmatannya. Makan dengan pemandangan pasir putih pantai Nusa Dua yang menawan adalah surga dunia. Selain menu bebek goreng krispi, restoran Bebek Bengil juga memiliki menu lain yaitu nasi campur dan sambal hijau.

4. Ayam Betutuh Men Tempeh, Gilimanuk

Pasti menu ayam betutuh sudah tidak asing lagi bukan? Makanan ini sudah menjadi ikon Bali yang sudah dikenal luas. Dengan citarasa pedas yang sangat mengugah selera siapapun yang mendengarnya.

wisata kuliner khas Ayam Betutuh Men Tempeh, Gilimanuk

Tempat kuliner di Bali ini bukan hanya menyediakan ayam saja, juga menyediakan bebek betutu. Bagi yang ingin menikmati olahan khas Bali ini, silahkan berkunjung ke Gilimanuk, Melaya, Jembrana.

5. Nasi Temponk Pink

Bernuansa serba pink, salah satu tempat wisata kuliner di Bali yang terletak di Jalan Teuku Umar No. 176 Denpasar menjadi  tempat makan yang seru. Menjadi alternatif makanan yang enak dan juga halal yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Pulau Dewata Bali. Nasi temponk sendiri bukanlah khas Bali, melainkan khas Banyuwangi tetapi membuka cabang restoran di Bali.

Wisata kuliner nasi tempong pink bali

Penyajiannya adalah nasi yang dilengkapi lauk wajib seperti ikan asin, sayur yang direbus, tahu, tempe dan  juga tak ketinggalan sambalnya yang super pedas. Menu utama yang bisa dipilih juga adalah lele, bebek, dan juga ayam betutu. Restoran ini mulai buka pukul 11.00 s/d 23.00.

6. Nasi Jinggo Tutu

Restoran yang bertempat di Jalan Raya Kuta No.108X, Kuta adalah salah satu tempat wisata kuliner yang menawarkan makanan berat seperti nasi. Nasi jinggo adalah nasi yang disajikan berbentuk kepalan tangan dan dibungkus daun pisang dengan aneka lauk sederhana yang dapat dipilih sesuai selera.

Baca juga:  Enchantment of Nature tour Kuta Beach (Sunset Beach), Bali Indonesia
makanan kuliner Nasi Jinggo Tutu bali

Kata “tutu” sendiri merupakan tanda bahwa nasi jinggo yang memang berasal dari Bali ini memiliki porsi yang lebih besar dari nasi jinggo biasanya. Nasi jinggo tutu disajikan dalam piring besar dilengkapi kepalan nasi yang juga bisa dipilih, seperti nasi kuning atau nasi putih. Ini bisa jadi rekomendasi tempat wisata kuliner di Bali yang enak, murah, dan juga halal yang wajib dikunjungi.

7. Ayam Bakar Taliwang

Mendengar kata ayam taliwang mungkin sangat identik dengan Kota Lombok. Tetapi ayam taliwang satu ini berada di Bali, tepatnya di Jalan Teuku Umar No.10, Denpasar. Tidak heran jika ada beberapa makanan Lombok juga bisa ditemui di Bali, karena memang kedua kota ini bertetangga.

Tempat wisata kuliner di Bali satu ini biasanya disinggahi oleh para wisatawan setelah berbelanja oleh-oleh khas Bali di toko Krisna maupun toko Erlangga. Restoran ini mulai buka pukul 09.00 s/d 23.00 dengan banyak pilihan menu selain menu ayam bakar taliwang baru.

8. Gourmate Sate House

Bagi pecinta sate mungkin tempat ini cocok menjadi pilihan untuk mengisi perut kosong. Restoran yang terletak di Jalan Dewi Sri No. 101, Kuta-Bali. Tempat ini menyediakan 12 macam sate yang  bisa memanjakan lidah. Mulai dari sate biasa sampai dengan sate lilit tersedia disini.

rumah makan gourmet sate house bali

Satenya juga dibakar menggunakan arang, sehingga citarasanya lebih menguar dibandingkan dibakar memakai gas. Gourmate Sate House ini juga menyediakan berbagai macam kuliner Indonesia,  tempat wisata kuliner di Bali ini buka pada pukul 17.00  dengan harga Rp150.000,-/ 2 orang.

9. Warung Murah Double Six

Modal Rp 20.000 di salah satu tempat wisata kuliner di Bali ini, pengunjung bisa menikmati makanan prasmanan dengan satu porsi nasi, lauk dan juga sayur. Warung Murah yang terletak di Jalan Double Six No. 99, Seminyak, Badung, Bali ini selalu ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menu yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari ayam betutu, ayam kare, ikan tuna rebus, dan beberapa menu andalan lainnya. Di warung ini juga tersedia menu yang paling digemari oleh banyak orang, yakni sate ayam, yang dibanderol seharga Rp.2000,-  saja per tusuknya. Murah bukan?

Baca juga:  Mengenal Tempat Wisata Di Ubud Yang Lagi Hits Dan Sayang Dilewatkan

10. Luthu’s Coffe Shop

Rekomendasi tempat kuliner di Bali yang terakhir terletak di Jl. Pantai Shindu, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Bali. Coffe shop ini buka pukul 07.00 s/d pukul 22.00. Tempat ini berhadapan berhadapan langsung dengan Pantai Shindu Sanur, sangat cocok untuk berburu sunset disore hari atau sekedar bersantai menikmati hari.

rumah makan Luhtu's Coffee Shop bali

Menu yang ditawarkannya pun lumayan beragam, mulai dari masakan western, masakan tradisional Bali, dan juga masakan nusantara lain yang tak kalah nikmatnya. Harganya juga sangat ramah dikantong, yakni seharga Rp20.000,- untuk makanan, dan Rp10.000,- untuk minumannya, sangat recommended.

Penutup

Bagaimana, sudah ada gambaran tentang wisata kuliner di Bali yang akan masuk daftar untuk dikunjungan? Semoga ulasan tentang beberapa lokasi wisata kuliner Kota Bali bisa menjadi referensi untuk plesiran kuliner yang enak, murah, dan pastinya halal.