11 Tempat Wisata Baru Di Malang Yang Harus Dikunjungi

By | Agustus 19, 2020

Tempat wisata di malang – Malang, kota yang sejuk dan eksotik di wilayah Jawa Timur ini memiliki banyak pilihan tempat wisata. Seiring berjalannya waktu, bermunculan tempat wisata baru di Malang yang menjadikan kota ini menjadi pilihan destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Dimasa pandemi virus corona banyak destinasi wisata yang tutup dan bahkan menyeluruh di semua negara. Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid 19) tempat wisata di tutup. Setelah beberapa bulan terakhir pemerintah akhirnya mengubah peraturan mengenai pandemi virus corona. Yang sebelumnya objek wisata di tutup kemudian berangsur di buka kembali dengan catatan harus mengikuti protokol kesehatan.

Sama dengan hal tersebut destinasi wisata di malang akhirnya di buka kembali baik di kota batu, dan kota lainnya.

Bukan  hanya Bromo atau kebun apel, Malang juga memiliki taman rekreasi bertema khusus, pantai yang indah, atau air terjun. Sekedar jalan-jalan di tengah kota juga cukup mengasyikkan karena ada banyak pilihan wisata kuliner serta alun-alun yang indah. Berikut adalah ulasan singkat 11 tempat wisata terbaru di Malang yang patut direkomendasikan.

Daftar Objek Wisata Terfavorit dan Terbaru Di Malang Yang Rekomended 2020

1. Jatim Park 3 Malang Jawa Timur

Mengiringi suksesnya taman rekreasi Jatim Park 1 dan 2, pengelola Jatim Park membuka area  yang disebut Jatim Park 3. Seperti halnya Jatim Park yang lain, pada taman rekreasi ini ada satu tema yang menjadi andalan yaitu dinosaurus.

Segala sesuatu tentang dinosaurus tetap menarik buat pengunjung, terutama anak-anak. Jatim Park 3 bukan hanya menampilkan dinosaurus dari zaman ke zaman yang dapat dinikmati dengan menaiki kereta, tetapi juga ada  arena virtual, infinite world, keliling dunia, patung lilin legendaris hingga galeri musik dunia.

taman wisata jatim park 3
destinasi wisata malang jatim park 3

Untuk dapat menikmati semua wahan di jatim park 3 pengunjung dikenakan biaya Rp110.000,- jika hanya masuk taman dinosaurus saja. Pengunjung dikenakan lagi biaya Rp30.000 – Rp110.000,- untuk menikmati wahana yang lain. Jam operasional dibuka dari 11.00 – 22.00. Untuk lebh lengkapnya silahkan kunjungi situs webnya Jatim Park 3

Baca:  Tempat Wisata Di Madiun Yang Wajib Disambangi Ketika Liburan

Taman hiburan populer dengan atraksi dinosaurus, museum lilin, kedai camilan & pameran teknologi.

Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236

Jam buka:

Rabu12.00–21.00
Kamis12.00–21.00
Jumat12.00–21.00
Sabtu12.00–21.00
Minggu12.00–21.00
Senin12.00–21.00
Selasa12.00–21.00
Telepon(0341) 5103030

2.   Batu Night Spectacular (BNS)

Sesuai namanya, Batu Night Spectacular adalah tempat wisata yang justru beroperasi pada malam hari. Tepatnya mulai beroperasi dari pukul 15.00 sd 24.00.

Keindahan Kota Batu di malam hari menjadi semakin semarak dengan mengunjungi tempat wisata terbaru di Malang ini. Pengunjung dapat menguji adrenalin, bermain go kartu atau hanya menikmati taman lampion. Tempat ii adalah saah satu tempat wisata baru di batu malang yang ramai di kunjungi sekaligus terfavorit.

objek wisata malang Batu Night Spectacular (BNS)
objek wisata malang baru Batu Night Spectacular (BNS)

Untuk dapat masuk ke BNS pengunjung harus membayar tiket Rp20.000 pada hari biasa, serta Rp30.000,- pada hari libur. Namun, jika ingin menikmati wahana yang ada pengunjung dikenakan biaya antara Rp10.000,- sd Rp15.000,-

3. Alun-alun Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur

Alun-alun adalah tempat terbuka umum yang berada di tengah kota. Objek wisata alun-alun di Kota Batu Malang menjadi pilihan untuk melepas lelah di malam hari. Selain taman bermain, taman air mancur  juga terdapat bianglala yang bisa dinaiki untuk menikmati indahnya Kota Batu di malam hari hanya dengan merogoh kantong sebesar Rp3.000,- saja.

alun alun kota wisata batu malang
alun alun kota wisata batu malang

Selain itu tersedia beraneka jajanan kuliner khas seperti ketan legenda yang tersohor itu, Sebagai sarana umum tentu saja datang ke alun-alun tidak memerlukan biaya tiket, hanya perlu mempersiapkan dana untuk parkir dan kulineran.

4. Masjid Tiban Malang

Masjid yang indah ini berada Kabupaten Malang. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, masjid ini berdiri dengan sendirinya, sehingga dinamakan Masjid Tiban.

Masjid dengan aristektur bergaya timur tengah yang unik menjadi daya tarik. Terdiri atas sembilan lantai, masjid ini juga dilengkapi dengan adanya toko souvenir serta kafetaria.

wisata religi malang masjid tiban malang
wisata religi masjid tiban Malang

Tak lengkap rasanya jika ke Malang tidak mengunjungi Masjid Tiban untuk melaksanakan ibadah sekaligus menikmati keindahannya.

Baca:  Harga Tiket Masuk Surabaya North Quay, Alamat Lokasi Wisata Dan Hits

Alamat: Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur 65175

5. Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Kampung yang terletak di pusat Kota Malang ini dulunya adalah perkampungan kumuh. Perkampungan di bantaran sungai Berantas ini berubah menjadi tempat wisata terbaru di Malang.  Warna warni yang semarak pada dinding  rumah warga menjadi daya tarik pengunjung.

Atas inisiatif dan kreativitas mahasiswa UMM yang bekerjasama dengan perusahaan cat lokal,  Kampung Jodipan menjadi kampung yang unik dan menarik terutama untuk foto-foto. Tak kalah cantik dengan kampung warna-warni yang berada di Rio De Jeneiro, Brazil. Untuk dapat memasuki Kampung Jodipan pengunjung dibebani tarif 3 ribu rupiah.

wisata Kampung Warna-Warni Jodipan malang
wisata Kampung Warna-Warni Jodipan

Desa kecil dengan jalan, tangga & lebih dari 100 rumah dengan warna & pola yang cerah & mencolok.

Alamat: Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Jam buka:

Rabu07.00–18.00
Kamis07.00–18.00
Jumat07.00–18.00
Sabtu07.00–18.00
Minggu07.00–18.00
Senin07.00–18.00
Selasa07.00–18.00

6. Museum Angkut

Salah satu tempat wisata terbaru di Malang yang cukup fenomenal adalah museum angkut. Sebuah museum yang didesain menarik sehingga tidak membosankan pengunjung.

Selain berbagai sarana tranportasi dari berbagai Negara di dunia yang dipamerkan, museum ini juga menyajikan spot-spot foto yang diberi nama sesuai zonanya. Ada pula simulasi pesawat terbang dan beberapa kendaraan yang dapat dinaiki.

 Biaya  tiket untuk masuk Museum  Angkut adalah  Rp100.000 per orang. Pengunjung akan dikenakan biaya  tambahan kalau membawa kamera sebesar  Rp30.000 .

7. D’Topeng Museum

Museum dengan lebih dari 2000 koleksi topeng bersejarah ini lokasinya tidak jauh dari Museum Angkut. Topeng yang dipamerkan berasal dari seluruh penjuru nusantara menjadikan museum ini banyak menarik minat pengunjung.

Bagi pencinta seni dan budaya tanah air, selain topeng juga terdapat  artifak seni bersejarah lain dari mulai masa pra sejarah hingga masa kejayaan kerajaan Majapahit.  Masuk ke museum ini diperlukan biaya  Rp25.000 per orang.

8. Taman Labirin Coban Rondo

Taman labirin Coban Rondo termasuk tempat wisata terbaru di Malang.  Labirin ini, adalah buatan  manusia dengan cara memangkas tanaman dan membuat jalan berliku sehingga menyulitkan untuk keluar.

Di sanalah letak keseruannya. Selain udara yang segar, berusaha keluar dari labirin menjadi tantangan bagi pengunjung. Apabila pengunjung tidak  menemukan jalan keluar, maka pemantau akan memberi bimbingan melalui menara. Dari menara pemantau ini pengunjung dapat mengabadikan keseruan di labirin.

Baca:  3 Tempat Wisata Murah Di Malang Populer Terbaru Dan Lagi Hits

9. Pantai Tiga Warna

Sesuai namanya, pantai yang berada di daerah selatan Malang ini memiliki keunikan dengan warnanya yang ada tiga, yaitu biru, hijau dan bening.  Pantai Tiga Warna menjadi pilihan untuk menikmati indahnya laut yang menawan.

Selain bermain air di bibir pantai, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati biota bawah laut. Berada di kawasan cagar alam, menyebabkan pantai tiga warna hanya dapat dikunjungi  10 orang saja per harinya.

Sehingga pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dulu jika ingin ke sana. Biaya masuk dikenakan 100 ribu rupiah untuk satu rombongan untuk jasa guide.

10. Air Terjun Coban Rondo

Keindahan air terjun yang konon adalah tempat persembunyian Dewi Anjarwati ini memang tak terkatakan. Dengan tinggi air terjun lebih kurang 84m pada ketinggian 1.135 mdpl menyebabkan hawa disekitar coban dingin menyejukkan.

Cerita dibalik keberadaan Coban Rondo menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain air terjun, tersedia area kemping yang luas juga ada kuda dan kereta kelinci yang dapat mengantar pengunjung mengelilingi Coban Rondo. Untuk masuk ke tempat ini diperlukan biaya sebesar Rp30.000,- per orang.

11. Penginapan Omah Kayu Batu Malang

Tempat wisata terbaru di Malang ini berada di Kota Batu. Omah Kayu dalam dialek Malang artinya rumah kayu. Merupakan rumah yang dibangun di atas pohon (Tree house) yang menarik. Berada pada ketinggian 1342 mdpl membuat omah kayu menjadi pilihan berakhir pekan yang menarik. Oya ini adalah salah satu wisata di malang terfavorit.

Menyuguhkan panorama alam Gunung Banyak yang indah adalah andalan utama tempat wisata ini, selain tentu saja keunikan rumah pohon itu sendiri. Untuk dapat menikmati indahnya omah kayu, pengunjung tidak harus menginap di sana dan cukup membayar biaya sebesar 5 ribu rupiah di pintu masuk area Gunung Banyak dan 5 ribu rupiah lagi tatkala masuk omah kayu.

Penginapan rumah pohon pedesaan yang menawarkan pemandangan pegunungan indah di area hutan yang tenang.

penginapan omah kayu batu malang
penginapan omah kayu batu malang

Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Jam buka:

Rabu09.00–17.00
Kamis09.00–17.00
Jumat09.00–17.00
Sabtu09.00–17.00
Minggu09.00–17.00
Senin09.00–17.00
Selasa09.00–17.00
Telepon0822-3297-5886

Harga Tiket: Rp. 5.000/orang

Penutup

Itulah tempat wisata baru di Malang yang harus dikunjungi. Pengunjung akan terpuaskan dengan seluruh wahana yang ada di tiap tempat wisata. Liburan pun menjadi mengesankan. Dan masih banyak lagi destinasi wisata di malang baik untuk keluarga dan juga remaja.