6 views

10 Tempat Wisata di Solo Terbaru Yang Sayang Untuk Dilewatkan

3 min read

tempat wisata di solo

Terkenal dengan penduduknya yang ramah dan budaya Jawa yang masih sangat kental, Kota Solo pantas dijadikan pilihan destinasi selama liburan. Berbagai tempat wisata di Solo juga bisa dijadikan alasan untuk berwisata sembari mempelajari sejarah Kota Solo. Mulai dari wisata alam hingga kuliner bisa ditemukan di Solo.

Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari potensi Kota Solo sebagai salah satu kota wisata di Indonesia. Bagi para wisatawan yang sudah berencana datang kota ini, simak 10 tempat wisata di Solo yang menarik untuk mengisi liburan.

1. Museum Batik Danar Hadi

Kota Solo dan batik adalah dua hal yang saling berhubungan. Mengunjungi Museum Batik Danar Hadi bisa dijadikan pilihan bagi para traveller yang mencintai kain batik. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa memperlajari sejarah kain batik dan filosofinya di tempat ini. Museum ini juga menyediakan berbagai motif batik.

museum batik danar hadi solo

Dengan harga tiket sebesar Rp35.000,- para wisatawan sudah bisa masuk ke area museum dan menikmati indahnya batik Solo. Ditemani oleh seorang pemandu yang profesional, para wisatawan bisa mendapatkan informasi yang akurat mengenai batik solo. Museum Batik Danar Hadi berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Solo.

2. Candi Sukuh

Candi peninggalan kerajaan Hindu yang satu ini memang menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Bangunan candi yang menyerupai piramida dengan berbagai patung besar di sekelilingnya menambah kesan religius dari bangunan ini. Candi Sukuh sendiri memiliki struktur tiga teras, di mana pada setiap terasnya terdapat gapura.

destinasi wisata peradaban Candi Sukuh

Selain itu, terdapat pula berbagai macam relief dan arca yang mengandung mitos-mitos yang berasal dari Candi Sukuh sendiri. Untuk bisa memasuki area dalam candi, para pengunjung perlu membayar sebesar Rp25.000,- setiap orangnya. Berkawasan di Karangayar, Surakarta, Candi Sukuh merupakan salah satu objek wisata sejarah yang menarik untuk para wisatawan.          

Baca juga:  10 Penginapan Murah di Semarang Mulai Rp 40 Ribuan, Promo 2019!!

3. Kraton Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata di Solo yang satu ini memang diperuntukan untuk tempat tinggal para raja dan dibangun pada tahun 1745. Bagi para wisatawan yang berkunjung, tidak semua area keraton bebas untuk dimasuki. Misalnya saja area kediaman Raja Pakubuwono. Daerah yang diperbolehkan untuk wisatawan adalah daerah pendopo yang ada di Sasana Sewaka.

wisata Keraton Surakarta Hadiningrat

Para wisatawan juga akan disuguhkan berbagai pertunjukan seni seperti gamelan dan pertunjukan tari tradisional. Terdapat pula berbagai koleksi barang peninggalan dari kerajaan. Harga tiket masuk Keraton Sukarata ini dibanrol Rp10.000,- saja. Terletak di Desa Baluwarti, Solo, disarankan bagi para pengunjung untuk datang di pagi hari untuk suasana yang lebih tenang.

4. Loji Gandrung

Bangunan Loji Gandrung didesain dengan perpaduan bergaya lokal dan Eropa. Loji Gandrung sendiri sekarang sudah dialihfungsikan sebagai rumah dinas walikota Kota Solo. Didominasi oleh warna putih, dan adanya halaman depan yang luas bisa dijadikan tempat untuk berfoto bagi para wisatawan yang berkunjung.

objek wisata loji gandrung solo

Tidak banyak yang menyangka bahwa sebuah rumah dinas walikota bisa mempunyai potensi untuk menjadi salah satu tempat wisata di Solo. Bertempat di Jalan Slamed Riyadi, Solo, objek wisata ini hanya memungut biaya Rp3.000,- untuk bisa masuk ke dalamya. Bentuk Loji Gandrung sungguh mengambarkan sosok seorang pemimpin, yaitu sederhana namun berwibawa.

5. Taman Sriwedari

Kota Solo tidak habis-habisnya mengajak  para wisatawan untuk berwisata sembari mempelajari sejarah zaman dulu. Taman Sriwedari. Salah satunya adalah terdapatnya lukisan Dewaruci di taman ini. Selain itu, Taman Sriwedari juga sering mengadakan pertunjukan wayang yang diadakan di GWO (Gedung Wayang Orang).

tempat wisata taman sriwedari solo
detik.com

Objek wisata ini memang sudah berdiri sejak lama, namun tidak pernah kehilangan minat dari para pengunjungnya. Dengan tiket masuk yang tergolong sangat murah, yaitu Rp7.000,- dan untuk masuk ke GWO sebesar Rp3.000,- taman yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo ini benar-benar menggambarkan salah satu bentuk wisata rakyat Solo.

6. Pandawa Water World

Bicara tentang tempat wisata di Solo, Pandawa Water World termasuk salah satu tempat yang paling diminati di kota ini. Dengan mengusung konsep perwayangan, tentu saja tempat wisata air yang satu ini berhasil mengambil perhatian para wisatawan. Pandawa Water World juga merupakan waterpark yang terbaik yang ada di Jawa Tengah.

Wahana yang bisa ditemui di sini mulai dari black hole slide, wave pool, hingga racer slide. Letak Pandawa Water World adalah di Jalan Raya Solo Baru, Solo. Dengan harga tiket yang dibanrol mulai dari Rp80.000,- hingga Rp100.000,- waterpark yang satu ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ketika hari sedang panas.

Baca juga:  Harga Tiket Masuk, Spot Foto & Wahana Taman Kyai Langgeng Magelang

7. Agrowisata Sondokoro

Berawal dari bangunan pabrik gula, Agrowisata Sondokoro kini sudah beralih fungsi sebagai salah satu tempat wisata di Solo. Resmi dibuka untuk umum pada tahun 2006, Agrowisata Sondokoro menawarkan berbagai macam wahana untuk keluarga. Tak hanya itu, spot foto unik pun tersedia bagi para pengunjungnya.

agrowisata sondokoro solo

Mulai dari akuarium dunia kreasi, kincir, mandi bola, panjat dinding, hingga terapi ikan bagi wisatawan yang ingin melakukannya. Untuk memasuki Agrowisata Sonodokoro pengunjung wajib membayar Rp5.000,- . Terdapat juga biaya tambahan berkisar Rp5.000,- hingga Rp12.000,- bagi pengunjung yang menikmati wahana lain. Objek wisata ini terletak di Jalan Tasikmandu, Karanganyar.

8. Taman Hutan Rakyat Mangkunagoro

Ketika memasuki kawasan Taman Hutan Rakyat Mangkunagoro, pengunjung sudah disambut dengan pemandangan yang sangat sejuk dan rindang. Pepohonan yang menjulang hingga hembusan angin sepoi-sepoi akan memanjakan jiwa para pengunjung Taman Hutan Rakyat (Tahura) ini. Objek wisata ini juga digunakan sebagai perlindungan berbagai macam jenis flora dan fauna.

Taman Hutan Rakyat Mangkunegoro
dimassuyatno

Bagi para wisatawan pencinta mistis, taman yang satu ini patut untuk dikunjungi. Terdapat tempat besejarah seperti situs Sendang Raja dan Cemara Bulus yang juga menarik perhatian. Terletak di Dusun Sukuh, Karangayar, tiket masuk ke Tahura Mangkunagoro ini dipatok sebesar Rp7.000,- saja untuk setiap orangnya. Murah, bukan?

9. Pasar Klewer

Bagi para pencinta batik, terutama batik Solo, wajib untuk mengunjungi pasar yang satu ini. Pasar Klewer merupakan salah satu pemasok kain batik terbesar di Kota Solo. Bertempat di Jalan Dokter Radjiman, pasar ini tentu tidak pernah sepi pengunjung. Baik wisatawan asing maupun lokal, tertarik untuk datang ke sini.

pasar klewer solo

Tidak hanya batik, pendagang Pasar Klewer juga menjual berbagai jenis baju, aksesoris, hingga souvenir. Para pengunjung juga diperbolehkan untuk menawar barang yang akan dibeli di pasar ini. Rata-rata harga yang dipatok pada setiap barang berkisar Rp15.000,- hingga Rp500.000,- untuk barang tertentu.

10. Serabi Notosuman

Serabi adalah salah satu jajanan pasar yang paling terkenal di Kota Solo. Serabi Notosuman menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang melegenda. Sudah berdiri sejak 1923, Serabi Notosuman masih mempertahankan eksistensinya hingga sekarang.

Baca juga:  11 Tempat Penginapan Murah di Temanggung Dengan Fasilitas Terbaik
Serabi Notosuman solo

Dibandrol dengan harga Rp23.000,- untuk setiap dus nya, Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin, Solo ini selalu dipadati oleh pengunjung. Banyak wisatawan yang menjadikan kue serabi ini sebagai pilihan oleh-oleh untuk saudara maupun kerabat. Rasa yang ditawarkan untuk serabi ada 2 rasa yaitu coklat dan polos.

Penutup

Adanya berbagai tempat wisata di Solo memang perlu diapresiasi keberadaannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk menambah daftar tempat bagi para traveller yang sedang merancang kegiatan liburan. Tidak lupa diingatkan juga kepada para wisatawan agar tetap menjaga kelestarian objek wisata yang akan dikunjungi.