27 views

10 Tempat Wisata di Samosir ini Jangan sampai Dilewatkan’ Rugi!!!

4 min read

tempat wisata di samosir

Sebagai kabupaten yang baru saja diresmikan pada tahun 2003, rupanya Samosir sudah bisa berdiri dengan kokoh, terutama dalam hal pariwisata. Beragam tempat wisata di Samosir sudah sangat siap untuk menarik minat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Berbagai fasilitas penunjang juga telah siap agar membuat wisatawan yang datang semakin nyaman.

Nama Samosir, sebuah pulau yang berada di tengah Danau Toba, pastilah sudah tidak asing lagi di telinga. Dengan luas mencapai lebih dari 1400 km2, Samosir dibagi menjadi sembilan kecamatan yang sebagian besar di antaranya berada di Pulau Samosir. Letaknya yang berada di tengah Danau Toba dan dekat dengan Bukit Barisan, Samosir tentu saja memiliki lanskap alam dengan pemandangan ciamik.

1. Danau Sidihoni

Semua tentu sudah tahu tentang keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosir yang ada di tengahnya. Namun yang belum orang tahu adalah, di dalam Pulau Samosir juga terdapat danau dengan luas yang lebih kecil, tapi tidak kalah indahnya dengan Danau Toba. Danau Sidihoni namanya. Bagi penduduk lokal, keberadaan Danau Sidihoni dapat dijadikan penanda terjadinya bencana alam.

danau sidihoni samosir danau diatas danau

Berjarak tidak jauh dari Pangururan, kabupaten Samosir, tidak ada medan berliku yang berat untuk menuju Danau Sidihoni. Hamparan rumput hijau di sekitar danau dengan udara segar akan menyegarkan pikiran dan menghilangkan lelah. Lebih menyenangkan lagi, tidak ada biaya masuk untuk menikmati tempat wisata di Samosir ini alias gratis.

2. Air Terjun Simangande

Bisa dikatakan Air Terjun Simangande yang berlokasi di Desa Garoga ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, ketinggian Air Terjun Simangande ini mencapai lima ratus meter. Airnya yang sangat segar membuatnya harus masuk ke dalam tempat wisata di Samosir yang wajib dikunjungi.

Air Terjun Simangande

Uniknya lagi, dinding batu berwarna hijau di sekitar Air Terjun Simangande ini membentuk hati. Namun dengan air terjun yang mengalir di tengahnya, seakan menyimbolkan hati yang sedang patah. Musim hujan adalah saat yang paling tepat mengunjungi air terjun ini, karena debit aliran airnya akan sangat deras.

Baca juga:  Wisata Danau Toba, Wisata Indah dengan Cerita yang Melegenda

3. Air Terjun Situmurun

Kalau Danau Toba saja sudah sangat indah, maka dengan adanya Air Terjun Situmurun ini akan membuatnya lebih indah. Alasanya jelas, karena Air Terjun Situmurun ini langsung jatuh ke Danau Toba. Air terjun yang mencapai ketinggian hingga tujuh puluh meter ini dikenal juga sebagai Air Terjun Binangalom yang dalam bahasa Batak juga memiliki arti sungai yang segar.

air terjun situmurun binangalom

Selain hanya mengabadikan lewat foto, berenang adalah salah satu cara terbaik menikmati air terjun Situmurun. Namun yang perlu diperhatikan adalah kedalaman air di sekitar air terjun mencapai lima ratus meter. Bagi yang tidak bisa berenang, sebaiknya menyewa jaket pelampung yang disediakan. Setelahnya silakan menikmati kesegaran dari “Sungai yang Segar” ini.

Alamat: Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22386

4. Secangkir Kopi Pardosir dari Samosir

Budaya meminum kopi tampaknya memang sedang berkembang akhir-akhir ini. Maka datang ke Samosir adalah pilihan yang sangat tepat bagi para pecinta kopi. Di Samosir, meminum kopi sudah menjadi budaya tersendiri. Apalagi berkesempatan untuk mencicipi kopi fermentasi ala Rumah Kopi Pardosir.

Secangkir Kopi Pardosir dari Samosir

Secara geografis, Samosir memang ideal untuk menanam kopi. Karena itu tidak perlu kaget jika Samosir mampu menjadi salah satu penghasil kopi yang enak rasanya. Lebih spesial lagi adalah mencicipi kopi wine di Rumah Kopi Pardosir. Kopi yang difermentasi hingga lima bulan ini menghasilkan sensasi rasa yang berbeda dibanding kopi robusta atau arabika biasa.

5. Desa Wisata Tomok

Selain menikmati alamnya, mengunjungi dan memelajari kebudayaan masyarakat lokal adalah salah satu tujuan berwisata. Desa wisata Tomok menjadi tempat wisata di Samosir yang banyak dituju oleh wisatawan yang ingin mengetahui kekayaan budaya Batak. Desa tradisional di Samosir ini menyediakan paket lengkap berwisata.

desa wisata tomok parsaoran

Di desa wisata Tomok masih akan dijumpai kebudayaan-kebudayaan kuno khas Batak. Rumah-rumah adat khas Batak, makam batu Raja Sidabutar, hingga patung Sigale Gale masih sangat terawat menjadikan Desa Tomok sangat menarik dikunjungi. Di sini juga ada Museum Batak yang akan semakin memperdalam pengetahuan tentang kebudayaan Batak. Jangan lupa untuk membeli pernak-pernik yang menarik hasil kerajinan masyarakat Desa Tomok.

Baca juga:  10 Tempat Kuliner Medan Yang Khas Dan Menggiurkan Para Penikmatinya

6. Air Terjun Sosor Dolok

Letak geografis Samosir yang cukup tinggi membuatnya banyak air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Berada kurang lebih dua puluh kilometer dari pusat kabupaten Samosir, salah satu permata tersembunyi yang dimiliki Samosir bernama Air Terjun Sosor Dolok. Air terjun Sosor Dolok ini memiliki nama lain Air Terjun Effrata.

Air Terjun Sosor Dolok samosir

Dengan biaya masuk yang sangat murah, hanya kurang dari Rp10.000,- sudah bisa menikmati kesegaran air terjun yang satu ini. Suasana segar khas pegunungan ditambah dengan hamparan pohon-pohon yang rindang menambah rasa nyaman saat mengunjungi air terjun Sosor Dolok. Pastikan air terjun Sosor Dolok ke dalam tempat wisata di Samosir yang wajib dikunjungi.

7. Museum Batak Desa Tomok

Di desa wisata Tomok, Samosir, terdapat sebuah museum yang berisikan peninggalan kebudayaan batak yang selain lengkap juga memiliki nilai historis yang tinggi. Museum Batak di desa Tomok ini sangat mudah ditemui karena terdapat banyak papan penunjuk jalan menuju ke sana. Selain itu, bentuknya sangat khas membuat pengunjung akan mudah mengetahui Museum Batak.

Museum Batak Desa Tomok

Desain arsitektur Museum Batak sangatlah unik, yakni dengan menggunakan desain Ruma Bolon atau rumah adat khas suku Batak. Di dalamnya tersimpan berbagai peralatan-peralatan tradisional yang digunakan oleh Suku Batak pada zaman dahulu. Jika diperhatikan dalam arsitektur Ruma Bolon terdapat ornamen berbentuk cicak. Hal ini karena menurut kepercayaan masyarakat Batak, cicak menjadi simbol perlindungan.

Alamat: Tomok, Simanindo, Samosir Regency, North Sumatra 22395

8. Kapal Wisata Samosir

Pesona wisata Danau Toba memang sungguh sangat memukau. Keindahan danau terluas di Indonesia itu dapat dinikmati secara maksimal dengan menaiki kapal wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Samosir. Kapal wisata ini akan membawa pengunjung berkeliling danau seluas mencapai seribu kilometer itu.

Kapal Wisata Samosir

Bentuk kapalnya juga sangat menarik, yakni dengan mengadopsi desain rumah adat Batak. Namun untuk menyewa kapal ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, yakni sekitar Rp2 juta per kapal. Salah satu tips agar tetap dapat menikmati nuansa mewah mengelilingi danau Toba dengan kapal wisata ini adalah dengan pergi bersama rombongan. Tenang saja, satu kapal bisa diisi hingga 20-30 orang.

Baca juga:  Pilihan Tempat Wisata di Padang Sidempuan Yang Mengesankan

9. Pusat Kerajinan Ulos di Desa Lumban Suhi Suhi

Salah satu hasil kerajinan tradisional khas Samosir adalah Ulos. Ulos merupakan jenis kain khas suku Batak yang sudah sangat terkenal dan melegenda karena sudah ada sejak zaman lampau. Bagi Suku Batak, Ulos memiliki banyak makna dan penggunaan. Ulos yang digunakan untuk anak yang baru lahir akan berbeda dengan Ulos yang digunakan sebagai pakaian saat melayat orang meninggal.

Pusat Kerajinan Ulos di Desa Lumban Suhi Suhi

Membuat Ulos juga tidak mudah karena harus menggunakan alat tenun bukan mesin. Desa Lumban Suhi Suhi di Samosir hingga saat ini masih mempertahankan metode pembuatan Ulos secara tradisional. Tempat wisata di Samosir yang satu ini memang sudah dikenal sebagai pusat kerajinan Ulos terkenal. Pastikan membeli satu Ulos saat berkunjung ke Samosir.

10. Samosir Sigale Gale Carnival

Demi meningkatkan minat kunjungan masyarakat ke Samosir, beragam event diselenggarakan, baik skala nasional maupun internasional. Event yang terbesar bertajuk Samosir Sigale Gale Carnival. Sigale Gale merupakan sebuah patung yang terbuat dari kayu. Bagi masyarakat Batak, Patung Sigale Gale ini digunakan saat ritual pemakaman seseorang yang telah meninggal.

Samosir Sigale Gale Carnival

Pada Samosir Sigale Gale Carnival akan ditampilkan banyak sekali Patung Sigale Gale dalam berbagai ukuran. Event tahunan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata ini menjadi tujuan wisata pengunjung baik domestik maupun internasional. Selain patung Sigale Gale, pada Samosir Sigale Gale Carnival juga akan disuguhkan berbagai pertunjukan dan tari tradisional, Tari Tor Tor.

Penutup

Tempat wisata di Samosir terus berkembang dengan pesat. Segala rupa destinasi wisata tersaji di Samosir. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga event-event berskala internasional digelar di Samosir. Fasilitas-fasilitas penunjang juga terus disempurnakan agar para wisatawan semakin betah untuk berkunjung ke Samosir. Jadi, kapan berkunjung ke Samosir?