10 Tempat Wisata Di Magelang Yang Menjadi Incaran Wisatawan

Magelang merupakan kota kecil di Jawa Tengah yang banyak mengembangkan daerahnya untuk menjadi tempat wisata di Magelang yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Berbagai macam tempat wisata yang ada di Magelang seperti wisata candi, taman, perbukitan, maupun wisata yang memiliki wahana.

Berikut destinasi tempat wisata di Magelang yang diminati oleh pengunjung dari luar kota maupun dalam kota atau dari wisatawan mancanegara.

1. Taman Dewari

Taman Dewari merupakan wisata yang berlokasi di Kradenan, Baturono, Salam, Magelang. Taman ini merupakan tempat wisata di Magelang yang mengusung tema bunga matahari. Hamparan padang bunga matahari menjadi daya tarik dari taman Dewari.

taman dewari magelang

Banyak wisatawan yang berkunjung untuk berfoto dengan background bunga matahari yang indah. Saat ini taman Dewari dikembangkan tidak hanya taman bunga matahari namun juga menjadi taman kincir angin. Harga tiket sebesar Rp10.000,-.

2. Kebun Bibit Senopati

Kebun Bibit Senopati merupakan tempat wisata di Magelang yang terletak di tengah Kota Magelang tepatnya di Jl. Panembahan Senopati dan sudah buka sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Tempat wisata ini berupa taman yang menyajikan berbagai jenis tanaman setidaknya ada sekitar 500 lebih jenis tanaman.

Kebun Bibit Senopati magelang

Selain tempatnya yang instagramable, pengunjung juga dapat berkeliling menikmati pemandangan sembari membeli beberapa bibit taman yang telah di sediakan. Saat berkunjung ke kebun bibit senopati, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk, wisatawan hanya perlu membayar parkir.  Fasilitas yang tersedia antara lain kantin, spot foto menarik, penjualan  bibit tanaman, tempat ibadah dan toilet.

3. Taman Bunga Pagoda

Berlokasi di Candirejo, Ketangi, Kaliangkrik, Kab. Magelang. Taman Bunga Pagoda buka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.30. Bagi wisatawan yang hobi berfoto ria, taman bunga Pagoda ini menjadi salah satu incaran karena menyediakan spot foto menarik.

taman bunga pagoda magelang

Terdapat kolam di taman ini yang diberi sarana untuk berfoto, selain itu pengunjung juga bisa menyewa kostum.  Ada juga bangunan berbentuk pagoda yang tingginya 12 meter yang dapat digunakan jika pengunjung ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan taman bunga Pagoda. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar RP10.000,-  pengunjung dapat puas berswafoto.

4. Junkyard Auto Park

Junkyard merupakan tempat wisata di Magelang satu-satunya yang mengusung tema mobil rongsokan. Jadi jangan heran jika saat berkunjung wisatawan akan di sambut dengan gerbang yang di atasnya terdapat rangka mobil rongsokan. Meskipun begitu, tempat wisata ini termasuk tempat wisata yang instagramable.

junkyard auto park magelang

Penataan yang sedemikian rupa dan pemandangan bukit menoreh yang tampak jelas membuat Junkyard sangat menarik untuk di jadikan spot foto, dan itu merupakan hal wajib yang harus dilakukan para pengunjung.  Selain rongsokan mobil di Junkyar Auto Park juga terdapat wahana permainan seperti kora-kora. Ditambah lagi, pengunjung juga dapat berkuliner di cafe yang bangunannya berbentuk rumah joglo, sehingga menambah nilai estetik dari tempat wisata ini.

Berlokasi tidak jauh dari candi borobur tepatnya di Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang. Lokasi ini buka sejak pukul 08.00 sampai 19.00. pengunjung dapat berswafoto dan berkeliling sepuasnya menikmati wahan dan pemandangan di Junkyard Auto Park hanya dengan membayar Rp15.000 pada hari senin sampai jumat, dan Rp20.000,- pada hari sabtu minggu atau hari libur.

5. Bukit Rhema Gereja Ayam

Dinamakan Gereja Ayam karena bangunan wisata ini menyerupai bentuk ayam yang di bangun pada tahun 1992 di atas Bukit Rhema. Dahulu bangunan ini rencananya akan jadikan tempat ibadah untuk masyarakat setempat. Hingga akhirnya bangunan ini di kelola menjadi tempat wisata. Beralamatkan di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang dan buka pada pukul 05.30 hingga pukul 16.30.

bukit rhema gereja ayam magelang jawa tengah

Terdapat empat tingkatan di bangunan ini. Tingkat pertama adalah bagian badan dari bangunan ini, tingkat kedua adalah leher, tingkat ketiga paruh, dan tingkat ke empat adalah bagian mahkota. Masing- masing dari tingkatan ini menyuguhkan pemandangan berbeda.  Tiket masuk untuk wisata ini berbeda harganya untuk turis asing sebesar Rp30.000,- sedangkan  wisatawan lokal Rp20.000. selain itu juga di sediakan mobil jeep untuk naik keatas bukit dengan membayar Rp7.000/orang untu sekali jalan.

6. Bukit Gondopurowangi

Bukit Gondopuro Wangi yang berlokasi di Dusun Gempal, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang merupakan salah satu wisata baru di desa Kenalan dan diresmikan pada bulan Febuari 2016. Yang menjadi daya tarik dari bukit ini adalah puncak bukit yang menampakkan golden sunrise dan pemandangan gunung yang mengelilingi Magelang.

bukit gondopurowangi magelang

Selain beberapa pendopo juga di bangun di atas puncak bukit, terdapat juga miniatur bulan sabit yang bisa menjadi lokasi berswafoto. Hanya saja jalanan menuju ke lokasi berkelok, sehingga diperlukan kehati-hatian ekstra. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung di bukit Gondopuro Wangi disarankan untuk pergi pada pagi hari jika mengharapkan pemandangan eksotis. Sementara itu, pada malam hari puncak bukit Gondopuro Wangi menyajikan pemandangan city light yang menawan.

7. Rafting Sungai Elo

Arung jeram atau lebih dikenal sebagai rafting menjadi populer dan banyak di minati oleh wisatawan lokal maupun luar. Rafting di sungai Elo menjadi salah satu destinasi wisata di magelang yang banyak di nikmati. Disarankan bagi wisatawan yang ingin menikmati arung jeram di Sungai Elo jauh-jauh hari untuk memesan hari dan jam kepada operator arung jeram yang beroprasi di Sungai Elo.

rafting sungai elo magelang

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp650.000,- sampai Rp700.000,- per kapal dengan kapasitas 5 sampai 6 orang. Dengan di dampingi operator yang berpengalaman dan alat keselamatan diri, wisatawan tidak perlu khawatir saat mengarungi sungai Elo. Selain itu, wisatawan juga akan mendapat fasilitas seperti makanan ringan, makan berat, dan foto untuk mengabadikan pengalaman para wisatawan.

8. Candi Mendut

Candi Mendut merupakan peninggalan sejarah yang bercorak Budha. Berbeda dengan candi Borobudur, candi mendhut memiliki bentuk bangunan yang jauh lebih sederhana sederhana serta ukuran yang labih kecil. Dikelilingi dengan hamparan rumput yang hijau menjadikan candi Mendut terlihat seperti bangunan yang modern.

candi mendut magelang

Saat hari raya waisak candi Mendut dijadikan permulaan perjalanan para penganut agama Budha untuk berjalan ke candi borobudur. Pada hari biasapun candi ini ramai dikunjungi , wisatawan dapat melihat dengan jelas bangunan ini dari luar karena letaknya yang memang berada di samping jalan raya. Tiket masuk candi sebesar Rp10.000,- dengan jam buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00. wisatawan dapat belajar mengenai sejarah dan juga berswafoto di lokasi.

9. Top Selfie Kragilan

Top Selfie Kragilan merupakan wisata dengan hamparan pohon pinus di sekelilingnya. Selain pohon pinus, wisata ini juga menyediakan sarana untuk pengunjung berswafoto. Udaranya yang sejuk dan asri membuat para pengunjung menikmati suasana di top selfie kragilan.

top selfie kragilan magelang

Lokasi wisata ini memang agak jauh dri perkotaan karena letaknya yang berada di lereng Gunung Merbabu tepatnya di Desa Pogalan, Pakis, Magelang. Untuk berkunjung ke lokasi Top Selfie ini pengunjung hanya membayar parkir saja tanpa biaya tiket masuk sebesar Rp3.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000,- untuk kendaraan roda 4.

10. Ketep Pass

Ketep Pass sudah berdiri sejak tahun 2002. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan lima gunung yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Slamet yang dapat disaksikan di pelataran pancaarga atau puncak tertinggi di Ketep Pass.  Fasilitas yang diberikan adalah Museum Vulkanik, bioskop mini yang menayangkan peristiwa yang ada di gunung merapi, teropong, pelataran pancaarga, gardu panjang, kantin, tolit, mushola, dan tempat parkir.

ketep pass jalan blabak - boyolali ketep pas ketep magelang jawa tengah

Harga tiket masuk sebesar Rp10.500,- di hari kerja dan RP12.500,- di hari libur. Biaya tersebut belum termasuk untuk masuk ke museum atau bioskop. Lokasi Ketep Pass berada di lereng gunung merbabu, tidak jauh dari Top Selfie Kragillan. Jadi jika ke daerah ini pengunjung dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di magelang yang berada di lereng gunung.

Penutup

Bagi yang sedang berada di Magelang, atau daerah sekitarnya, bisa segera mampir ke destinasi yang telah disebutkan di atas. Tidak hanya bagus untuk mengabdikan gambar diri tetapi tempat wisata di Magelang menyuguhkan nilai edukasi dan pemandangan yang indah. Ditambah lagi, sebagian besar lokasi tak menuntut biaya mahal untuk tiket masuknya. Selamat berliburan!

Tinggalkan komentar