0 views

10 Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Sayang Dilewatkan!!!

4 min read

Tempat wisata di Kintamani

Sebagai salah satu wilayah di Pulau Bali, Kintamani juga tak bisa dilepaskan dari industri wisata. Tempat wisata di Kintamani telah berkembang dan menjadi salah satu tujuan utama para pelaku wisata yang datang ke Bali. Wisatawan yang datang ke Bali, tentu tidak akan melewatkan kunjungannya ke Kintamani.

Meski luas areanya tidak terlalu besar, namun Kintamani, salah satu kecamatan di Pulau Bali juga tetap memiliki segudang tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Kintamani menyediakan berbagai suguhan wisata yang menarik.

Ditambah lagi, karena lokasinya yang berada di ketinggian, Kintamani memiliki bentang alam yang indah dan udara yang segar. Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat menjelajah Kintamani. Berikut ini rekomendasinya :

Daftar Destinasi wisata Di Kintamani Bali Hits

1. Gunung Batur

Objek wisata yang satu ini dapat dikatakan sebagai pusat perhatian dari Kintamani. Gunung dengan tinggi mencapai 1700 meter di atas permukaan laut ini menjadi gunung tertinggi kedua setelah Gunung Agung. Mendaki Gunung Batur adalah cara yang paling tepat untuk menikmatinya. Waktu tempuh perjalanannya juga tidak terlalu lama, hanya satu hingga dua jam saja untuk mencapai puncak.

destinasi wisata Gunung Batur kintamani bali

Biaya untuk melakukan pendakian adalah sebesar Rp. 75.000,00 per orang. Meski tidak terlalu tinggi, ternyata medan Gunung Batur cukup menantang. Menikmati matahari terbit adalah daya tarik utama pendakian. Gunung Batur hanya memiliki dua pos, yakni Pos 1 dan puncak yang dari keduanya dapat menikmati pemandangan dengan sama cantiknya.

2. Pemandian Air Panas Toya Devasya

Secara geografis Kintamani terletak pada dataran yang cukup tinggi, sehingga tentu saja dianugerahi dengan air yang segar. Lebih dari itu, sumber-sumber air panas juga ditemukan di sekitar Kintamani. Toya Devasya bergerak cepat dan menjadikan sumber air panas sebagai salah satu tempat wisata di Kintamani.

objek wisata Pemandian Air Panas Toya Devasya kintamani bali

Beralamatkan di Jalan Puri Bening, Kintamani, Toya Devasya menawarkan pemandian air panas alami dengan pemandangan yang luar biasa cantik. Letaknya yang berada di tepi danau Batur membuat pengunjung dapat langsung memandang danau sembari berendam air panas. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 60.000,00 untuk orang dewasa dan Rp. 30.000,00 untuk anak-anak di bawah usia lima tahun.

Baca juga:  10 Rekomendasi Hotel di Bali Dekat Pantai yang Bagus dan Murah!

3. Pura Ulun Danu Kintamani

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa mengunjungi pura. Beberapa pura di Bali sudah sangat terkenal seperti Pura Besakih dan Pura Ulun Danu di Kintamani. Salah satu tempat wisata di Kintamani ini juga ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih karena letaknya yang berada di danau Batur. Pura Ulun Danu Kintamani juga merupakan salah satu pura terpenting di Bali.

tempat wisata Pura Ulun Danu Kintamani bali

Cukup dengan membayar uang sebesar Rp. 10.000,00 bagi orang dewasa dan Rp. 7.500,00 untuk anak-anak, Pura Ulun Danu sudah dapat dijelajahi. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa Pura Ulun Danu juga masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu yang ada di Bali. Sehingga sopan santun harus tetap dijaga saat memasuki tempat yang sakral ini.

4. Desa Trunyan yang Sakral

Salah satu tempat wisata di Kintamani yang sudah sangat terkenal adalah Desa Trunyan. Sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari danau Batur ini menawarkan wisata yang berbeda dari yang lain, yakni mengunjungi pemakaman tradisional khas Desa Trunyan. Hawa mistis memang langsung terasa begitu memasuki makam, tapi tenang saja karena tempat tersebut aman. Bahkan tidak akan ada bau busuk yang tercium dari mayat-mayat yang digeletakkan begitu saja di pemakaman.

destinasi wisata Desa Trunyan yang Sakral kintamani bali

Menyewa perahu adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menuju Desa Trunyan. Harga yang dipatok sekitar Rp. 100.000,00 dengan kapasitas penumpang lima orang dewasa. Jangan sampai melewatkan mengunjungi Desa Trunyan yang misterius ini saat berkunjung ke Bali.

5. Danau Batur

Kecantikan Danau Batur di Kintamani sudah tidak perlu diragukan lagi. Danau yang berada pada ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut ini sungguh amat cantik, hingga UNESCO pun memasukkannya ke dalam kawasan Global Geopark Network. Sungguh amat sayang jika melewatkan Danau Batur kala melawat ke Pulau Dewata.

destinasi wisata Danau Batur kintamani

Sebagai danau terluas di Pulau Bali, Danau Batur menawarkan kecantikan pemandangan yang luar biasa. Letaknya yang berada di antara Gunung Batur dan Gunung Abang membuat udara di sekitar danau terasa sangat segar.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Di Gianyar Bali Instagramable Paling Hits Dan Terbaru

6. Air Terjun Kutuh

Mencari wisata tersembunyi di Pulau Bali yang masih jarang dikunjungi, maka Air Terjun Desa Kutuh adalah jawabannya. Lokasinya berada di desa Kutuh, perbatasan antara dua kabupaten, cukup terpencil, sehingga masih jarang ada orang yang melakukan perjalanan ke Air Terjun Kutuh.

Air Terjun Kutuh memiliki dua tingkatan, dengan ketinggian maksimal mencapai empat puluh meter. Perlu sedikit perjuangan jika ingin mengunjungi tempat wisata di Kintamani yang satu ini. Tentu saja fisik harus disiapkan secara matang karena untuk mencapai air terjun harus menempuh jarak tiga kilometer dari tempat parkir. Namun jangan menyerah, karena air terjun Kutuh masih sangat terjaga keasliannya.

7. Desa Penelokan

Meskipun Gunung Batur adalah pusat dari tempat wisata di Kintamani, namun untuk menikmati Gunung Batur tidak harus selalu dengan mendakinya. Bagi yang malas mendaki, maka Desa Penelokan adalah lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan Gunung Batur di Kintamani.

destinasi wisata Desa Penelokan kintamani bali

Karena letak geografisnya yang tinggi, yakni berada pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Desa Penelokan memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Di Desa Penelokan, ada banyak sekali tempat makan yang menyajikan pemandangan langsung kaki Gunung Batur. Sungguh pemandangan yang elok semakin lengkap sambil menikmati kuliner di Desa Penelokan.

8. Bukit Sari

Satu lagi tempat wisata yang masih belum banyak orang mengunjungi di Kintamani, Bukit Sari namanya. Bukit Sari, tempat wisata di Kintamani yang menjadi idola bagi orang-orang yang hobi berkelana di alam. Menawarkan keindahan luar biasa, Bukit Sari adalah lokasi yang cocok untuk camping.

objek wisata Bukit Sari kintamani bali

Jalan terjal sebelum menuju puncak bukit menjadi tantangan tersendiri. Siapkan fisik dan jaket karena udara yang dingin dan jalan yang terjal selama berjalan menuju puncak. Namun setibanya di atas bukit, kelelahan yang didapat setelah berjalan kaki akan langsung terbayar lunas. Di depan mata akan tampak Gunung dan Danau Batur yang terpampang luas.

9. Desa Pinggan Kintamani

Kintamani seakan dianugerahi dengan keindahan alamnya yang sangat luar biasa. Salah satu tempat untuk menikmati pemandangan alam di Kintamani adalah dengan mengunjungi Desa Pinggan. Keindahan pemandangan alam di Kintamani tersuguhkan dengan sangat cantik di Desa Pinggan. Menjelang matahari terbit adalah waktu yang paling tepat untuk berwisata di Desa Pinggan.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Terbaru Di Bali Yang Memikat Hati Wisatawan!!
tempat wisata Desa Pinggan Kintamani bali

Pukul 05.00, ketika matahari sudah mulai terbit dari ufuk timur, membuat cahaya kuning keemasan yang menakjubkan di langit. Sementara itu, di bawah, kabut-kabut tipis masih menyelimuti desa-desa di lereng gunung. Pemandangan eksotis itu hanya bisa didapatkan di Desa Pinggan, Kintamani. Belakangan, tempat wisata di Kintamani yang satu ini juga mulai ramai di Instagram.

10. Agrowisata Kopi Luwak Kintamani

Siapa yang tidak mengenal Kopi Luwak, kopi termahal di dunia yang berasal dari Bali. Biji-biji kopi yang keluar dari kotoran hewan Luwak ini diolah dengan baik hingga menghasilkan rasa kopi yang nikmat. Harga kopi luwak di pasaran sangat mahal. Namun dengan berkunjung ke Kintamani, pengalaman melihat kebun kopi, penangkaran luwak, tentu saja menikmati kopi luwak bisa didapatkan sekaligus.

destinasi wisata Agrowisata Kopi Luwak Kintamani bali

Kawasan Kintamani yang cukup tinggi memang menjadi lahan ideal untuk menanam kopi. Kopi yang dihasilkan bermutu tinggi. Di Satria Agrowisata, dengan merogoh kocek sebesar Rp. 50.000,00, dan akan mendapatkan satu gelas kopi luwak dan beberapa minuman herbal lain, serta cerita dan pengetahuan tentang kopi luwak dan pengolahannya.

Penutup

Pulau Bali memang sudah sangat identik dengan wisata. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah wisatawan baik wisatawan domestik maupun asing yang datang ke Bali setiap tahunnya. Bahkan hingga saat ini, Pulau Bali masih menjadi destinasi utama di Indonesia. Mengunjungi tempat wisata di Kintamani tentu tidak boleh dilewatkan.