Mengenal Lebih Dekat Tempat Wisata Di Karanganyar Yang Terbaru

By | Desember 27, 2019

Kabupaten Karanganyar terletak di Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak di sebelah timur Kota Surakarta. Ada beberapa tempat wisata di Karanganyar yang dapat dikunjungi sebagai alternatif destinasi liburan.

1. Air Terjun Tawangmangu

Wisata alam ini berlokasi di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu. Air terjun yang biasa disebut juga Grojogan Sewu Tawangmangu ini ketinggiannya mencapai sekitar 80 meter. Tiket masuknya sebesar Rp11.000. Untuk memasukinya, pengunjung bisa memilih antara pintu masuk di dekat Taman Balekambang atau River Hill.

air terjun tawangmangu karanganyar

Ada kurang lebih 1000 anak tangga yang harus dilalui oleh pengunjung. Walaupun harus mengeluarkan tenaga ekstra, namun mata akan senantiasa dimanjakan dengan pemandangan yang indah di sepanjang jalur perjalanan.

Selain udara yang sejuk dan pemandangan yang indah, ada kera-kera yang berkeliaran dan bergelantungan bebas. Meskipun menggemaskan, pengunjung harus tetap berhati-hati dengan kera ini.

2. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan merupakan objek wisata yang terletak di Jalan Sekipan, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Untuk bisa masuk ke dalamnya, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp50.000 per orang.

bukit sekipan tawangmaru

Wahana yang bisa dinikmati di sini antara lain waterboom, sepeda air, Kampung Halloween, dan beberapa wahana lainnya. Selain itu, di sini juga tersedia miniature landmark dari berbagai negara seperti Taj Mahal, Menara Pissa, kincir angin, dan yang lainnya.

Ada pula wahana Titanic berupa kapal Titanic dengan desain yang unik. Di lantai bawah, pengunjung bisa melihat miniatur para presiden Republik Indonesia.

Sementara itu, di lantai atas terdapat tempat yang bisa digunakan untuk bersantai. Tentu saja di sini juga mempunyai view yang cocok untuk ber-swafoto.   Beragam fasilitas yang ditawarkan membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

3. Taman Balekambang Tawangmangu

Tempat wisata di Karanganyar selanjutnya adalah Taman New Balekambang. Objek wisata yang terletak di Jalan Balaikambang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar ini hampir selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sini,  pengunjung bisa menikmati indahnya ikon-ikon dunia hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000.

Taman Balekambang Tawangmangu

Taman yang terletak tidak jauh dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini, mempunyai berbagai miniatur bangunan yang menjadi ikon di dunia.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak dan Terkenal

Di antaranya patung Merlion Singapura, menara Pisa, bukit Hollywood, bahkan miniatur bangunan tembok besar China juga bisa dilihat di sini.  Mengunjungi Taman New Balekambang ini membuat pengunjung serasa mengelilingi dunia.

4. Perkebunan Teh Kemuning Tawangmangu

Berlokasi di jalur Solo – Tawangmangu, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, perkebunan teh ini menjadi salah satu tempat wisata di Karanganyar yang banyak dikunjungi. Pengunjung bisa menghabiskan waktu bersama orang tersayang di tempat ini dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp3.000 saja. Udara di sini cukup dingin, karena letak kebun teh yang berada di lereng Gunung Lawu.

Perkebunan Teh Kemuning Tawangmangu

Tempat wisata ini cocok bagi pengunjung yang suka menikmati keindahan pemandangan alam. Selain menikmati sejuknya udara pegunungan, pengunjung juga bisa ber-swafoto dengan latar kebun teh dan pemandangan alam.

Alamat: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794

5. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Candi Cetho merupakan objek wisata candi bercorak Hindu dengan lahan luas dan bertingkat-tingkat. Untuk bisa masuk ke dalamnya, pengunjung harus membeli tiket dengan harga Rp7.000 per orang.

candi cetho karanganyar

Sebelum masuk ke dalam Candi Cetho, pengunjung wajib memakai kain dan membayar seikhlasnya untuk kain yang disewakan tersebut. Selain sebagai tempat wisata, penduduk setempat yang beragama Hindu juga beribadah di Candi Cetho.

Wilayah Candi Cetho dibedakan menjadi beberapa tingkatan. Area pertama terdapat taman dan candi pada bagian kanan kiri jalan. Area kedua terdapat bebatuan candi di tengah dengan garis pembatas agar tidak ada pengunjung yang melintas.

Pada area tingkat ketiga, jalan yang dilalui sudah bukan tanah lagi melainkan bebatuan. Ada rumah-rumah berbentuk joglo pada kanan dan kiri jalan. Di tingkat paling atas, merupakan tingkat yang dianggap keramat, karena tidak semua pengunjung bisa memasukinya. Area inilah yang digunakan pemeluk agama Hindu untuk beribadah.

Alamat: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

6. Puri Saraswati Karanganyar

Lokasi Puri Saraswati terletak di belakang Candi Cetho. Di samping Candi Cetho, ada jalan setapak menuju puri ini yang bisa dilalui oleh pengunjung. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000, pengunjung bisa masuk ke dalam kawasan Puri Saraswati dan menikmati keindahan tempat wisata di Karanganyar yang bersejarah tersebut. 

Puri Saraswati Karanganyar

Puri Saraswati merupakan pelengkap daya tarik wisata di kawasan Candi Cetho. Puri ini dibangun sebagai bentuk ikatan persaudaraan sekaligus kerja sama antara masyarakat Hindu di Bali dan Jawa.  Tujuan dibangunnya puri ini adalah untuk melestarikan budaya setempat. Selain itu, umat Hindu juga beribadah di Puri Saraswati ini.

Baca juga:  11 Tempat Penginapan Murah di Temanggung Dengan Fasilitas Terbaik

Saat memasuki kompleks Puri Saraswat, pengunjung harus menaiki anak tangga terlebih dulu. Ada sebuah sendang di dalam Puri Saraswati. Sebelum melakukan ritual sembahyang, umat Hindu menyucikan diri di sendang ini.

7. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata ini merupakan kompleks candi bercorak Hindu yang terletak di sebelah barat lereng Gunung Lawu. Untuk bisa masuk ke dalamnya, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp7.000.

Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan salah satu candi yang unik di Indonesia karena bentuknya tidak seperti candi-candi Hindu pada umumnya. Bentuk candinya justru menyerupai piramida suku Aztec di Meksiko.

Di dalam kompleks Candi Sukuh ditemukan arca-arca yang sudah tidak utuh lagi bentuknya dan sebuah candi utama yang berbentuk seperti piramida. Pengunjung juga bisa masuk dan naik di candi utama. Ketika sampai di puncak, pengunjung akan disuguhi pemandangan area Candi Sukuh yang memesona.

8. Taman Bintang Kemuning

Terletak di Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Taman Bintang menjadi salah satu tempat wisata yang ramai pengunjung. Selain tiketnya yang sangat terjangkau, yaitu Rp3.000 saja, tempat outbound di karanganyar salah satunya adalah Taman Bintang Kemuning juga merupakan perkebunan teh dengan pemandangan yang sangat indah.

taman bintang kemuning

Dengan ketinggian yang mencapai sekitar 1500 mdpl, membuat lokasi objek wisata ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Di sini, pengunjung dapat menikmati hijaunya hamparan kebun teh dan keindahan puncak Gunung Lawu.

Jika ingin menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit, pengunjung harus datang ke sini sekitar pukul empat pagi. Karena udaranya sangat dingin, jangan lupa untuk mengenakan jaket atau baju hangat lainnya.

Alamat: Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

9. Lembah Semilir Kemuning

Lembah Semilir Kemuning terletak di Desa Milir, RT 01 RW 14, Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Pada awalnya, Lembah Semilir merupakan lereng gunung yang hanya dimanfaatkan sebagai kebun teh. Tempat ini kemudian dikembangkan dengan ide kreatif karang taruna setempat sehingga menjadi objek wisata kekinian dan instagramable. 

lembah semilir kemuning karanganyar

Di sini, pengunjung bisa menemukan wahana Rumah Hobbit yang sangat terkenal di media sosial. Selain Rumah Hobbit, ada pula wahana atau spot menarik lainnya, seperti gardu pandang, menara kincir angin, dan rumah pohon. Cukup dengan membeli tiket seharga Rp5.000 saja, pengunjung dapat berfoto dengan segala wahana yang disajikan di sana. 

Baca juga:  10 Potret Eksotis The Village Purwokerto : Rute, Lokasi & Tiket Masuk

10. Rumah Atsiri

Objek wisata yang berlokasi di Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar ini merupakan tempat wisata di Karanganyar dengan konsep edukasi. Rumah Atsiri awalnya adalah pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria. Kini, tempat tersebut telah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi.

rumah atsiri resto tawangmangu

Penutup

Ketika berada di sini, selain memiliki banyak spot foto dengan pemandangan indah, ada banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung. Di antaranya menjelajahi museum essential oil, mengenal jenis tanaman atsiri, melakukan aneka workshop layaknya scientist, hingga menikmati kuliner unik atsiri. Untuk bisa memasukinya pengunjung dikenai tiket masuk seharga Rp50.000 per orang. 

Berikut beberapa bagian dari objek wisata Rumah Atsiri:

  • Fasilitas mice
  • Kids lab
  • Aromatic garden
  • Rumah Atsiri Essence
  • Restoran

Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Itulah beberapa tempat wisata di Karanganyar yang seru dan menarik yang bisa dikunjungi. Semoga bisa menambah keceriaan bersama keluarga maupun orang-orang tersayang saat liburan.