10 Tempat Wisata Di Banda Aceh Lagi Hits Dan Wajib Untuk Dikunjungi

3 min read

wisata alam Bukit Lhok Eumpe

Tempat wisata di Banda Aceh, Banda aceh merupakan ibu kota dari Provinsi Aceh yang juga termasuk pintu gerbang untuk menuju daratan Sumatera di bagian utara. Kota yang  disebut juga sebagai serambi Mekah ini pernah diterpa tsunami besar dan membuat Banda Aceh hancur, bahkan banyak juga para penduduk yang meninggal. Namun siapa sangka, sekarang ini Banda Aceh mampu bangkit dan menjadi salah satu kota yang cantikdi Indonesia.

Banyak tempat wisata dan kuliner di Banda aceh dan sekitarnya yang sangat menarik untuk didatangi ketika anda di Banda Aceh. Ada berbagai macam destinasi wisata mulai dari yang buatan manusia atau objek wisata yang dekat dengan alami. Berikut ini tempat wisata yang ada di Banda Aceh yang wajib untuk dikunjungi.

Daftar Temapt Wisata Di Banda Aceh yang Lagi Hits dan Populer

1. Ujung Kelindu

Jika anda menginginkan liburan di Banda Aceh dengan nuansa alam yang cantik maka bisa coba untuk datang ke Ujung Kelindu. Lokasinya ada di Desa Lamreh, Aceh Besar, Ujung Kelindu. Tempat berlibur di Banda Aceh yang satu ini menyajikan pemandangan alam berupa tebing dan pantai yang indah. Selain anda dapat menghampiri bagian tebingnya, anda juga dapat menghampiri Tanjung Ujung Kelindu yang juga sangat cantik. Air lautnya berwarna hijau dan dipadukan dengan bukit savanna. Berlibur di Ujung Kelindu akan membuat anda enggan untuk beranjak pulang.

objek wisata Ujung Kelindu banda aceh
asoelhok.blogspot.com

2. Benteng Indra Patra

Selanjutnya, untuk tempat bersejarah di Aceh anda juga dapat datang ke Benteng Indra Patra. Karena Aceh dikenal sebagai pusat beradaban islam yang pertama kali masuk ke Indonesia, jadi tidak heran jika banyak juga peninggalan kerajaan Hindu Buddha yang ada di Aceh. Benteng Indra Patra ini sudah dibangun pada abad ke-7 Masehi. Bukan hanya itu, Benteng Indra Patra yang memiliki bentuk kubah ini di dalamnya terdapat sumur yang biasanya digunakan untuk ritual keagamaan. Ketika anda datang ke Benteng Indra Patra pemandangannya juga bisa dinikmati, disekitarnya ada bukit hijau yang memang benar-benar teduh.

Baca juga:  Wisata Pantai Lampuuk Banda Aceh dan Destinasi Di Sekitarnya yang Hits
wisata sejarah Benteng Indra Patra
situsbudaya.id

3. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga adalah tempat wisata yang cantik dan juga bisa anda kunjungi sebagai tempat berlibur di Banda Aceh. Sekalipun bernuansa pantai, ternyata Pantai Lhoknga juga memiliki lapangan golf dan juga sangat cocok digunakan untuk aktivitas surfing ataupun memancing. Di sini juga sangat cocok untuk menjadi tempat bulan madu bagi pasangan yang baru saja menikah.

wisata Pantai Lhoknga aceh
indonesiakaya.com

4. Pantai Lhok Mee dan Bukit Soeharto

Pantai Lhok Mee dan Bukit Soeharto selanjutnya juga bisa anda datangi ketika sedang berada di Banda Aceh.  Pantai ini memiliki pasir putih lembut dan juga air laut yang jernih. Uniknya lagi Pantai Lhok Mee ini memiliki pepohonan yang dapat tumbuh di dalam air laut sehingga membuatnya terlihat lebih cantik. Sedangkan Bukit Soeharto tidak jauh dari tempat tersebut, dinamakan Bukit Soeharto sebab dulu ada proses penghijauan oleh Soeharto sewaktu menjadi presiden.

objek wisata Pantai Lhok Mee dan Bukit Soeharto
travelingyuk.com

5. Bukit Lhok Eumpe

Selanjutnya untuk tempat wisata di Banda Aceh bernuansa alam di daerah Banda Aceh bisa anda datangi Bukit Lhok Eumpe. Bukit ini letaknya di pinggiran kota Banda Aceh dan lokasi pastinya ada di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar. Sekitar dari 10 km dari Pusat Kota Banda Aceh. Di tempat ini kamu dapat dapat menikmati cahaya matahari terbenam dengan tenang. Belum lagi rerumputan yang tumbuh terlihat sangat cantik. Bahkan tempat ini juga sangat cocok digunakan sebagai background foto.

wisata alam Bukit Lhok Eumpe aceh
tripzilla.id

6. Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkhof Peutjoet

Pada tahun 2004 di bulan Desember, Aceh memang diterpa tsunami sehingga membuat banyak orang kehilangan nyawanya. Untuk mengenang hal tersebut dibuatlah Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkhof Peutjoet. Tidak perlu biaya untuk masuk ke museum ini sebab memang gratis, anda hanya perlu membayar untuk parkir saja. Museumnya sangat besar dan melengkung unik, bahkan ada juga bisa merasakan suasana ketika tsunami terjadi. Anda juga dapat melihat foto serta kisah warna yang selamat ketika tsunami. Nama para korban tertulis di dinding museum dan juga ada pemakaman militer Belanda ketika berperang di Aceh.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Di Sabang Teravorit Dan Tidak Boleh Dilewatkan
Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkhof Peutjoet
steemit.com

7. Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob

Jika di India ada Taj Mahal yang merupakan sebuah simbol cinta dari sang raja untuk permaisurinya, maka di Banda Aceh ada Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob yang juga merupakan sebuah hadiah dari Sulta Iskandar Muda untuk permaisurinya, Putri Kamaliah atau Putroe Phang. Lokasinya ada di Kompleks Taman Sari Bustanussalatin Banda Aceh yang di aliri oleh Sungai Kreng Daroy. Anda bisa berfoto menikmati keindahan bangunan di Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob.

destinasi wisata Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob aceh
dwibahariyati.blogspot.com

8. Museum Rumah Aceh

Museum Rumah Aceh juga dapat dijadikan tawaran menarik untuk menikmati liburan di Banda Aceh. Didirikan sejak tahun 1915 pada pemerintahan Hindia Belanda, membuat bangunannya terlihat sangat menarik. Memang bangunan utamanya terlihat seperti rumah adat Aceh yang memiliki nilai filosofi islam. Pada Museum Rumah Aceh ini anda dapat menemukan peninggalan dn artefak di zaman pra-sejarah. Ada sebuah koleksi yang sangat tua, mencapai 1400 tahun adalah Lonceng Cakra Donya yang merupakan hadiah dari Kaisar Cina dari Disnati Ming untuk Sultan Pasai di abad ke-15.

objek wisata budaya Museum Rumah Aceh
mynewmainsa96.blogspot.com

9. Taman Ratu Safiatuddin

Ada Taman Ratu Safiatuddin yang termasuk tempat berlibur di Banda Aceh cocok untuk berfoto. Tempat wisata ini menawarkan banyak pilihan objek untuk dijadikan latar belakang berfoto. Misalnya saja seperti rumah adat Aceh atau perabotan tradisional yang unik. Tiket masuk ke Taman Ratu Safiatudin juga gratis sehingga sangat sering digunakan sebagai tempat berkumpul oleh masyarakat Aceh ketika sore hari.

Taman Ratu Safiatuddin
abulyatama.ac.id

10. PLTD Apung

Masih soal tsunami pada tahun 2004 yang sangat dahsyat dan dijadikan beberapa monument di Banda Aceh. Anda juga harus coba untuk datang ke PLTD Apung, yang merupakan sebuah kapal apung PLTD dengan berat sekitar 2.600 ton. Kapal ini terseret wkatu ombak tsunami dari wilayah perairan Ulee Lheue sekitar 5 km ke pusat Banda Aceh. Tidak kehilangan akal, akhirnya PLTD Apung dijadikan pemerintah sebagai sarana wisata edukasi dan banyak juga pengunjung yang datang.

PLTD Apung aceh
Baca juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Takengon Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Itulah beberapa tempat wisata di Banda Aceh yang sangat menarik untuk didatangi sebab keindahannya yang luar biasa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.