10 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Bali Yang Wajib Dikunjungi 2020

By | Januari 17, 2020

Bali atau biasa disebut Pulau Dewata merupakan daerah bagian tengah Indonesia. Pulau Dewata Bali terkenal dengan keindahan pantainya hingga tingkat Internasional. Bali memiliki banyak destinasi wisata mulai dari pantai yang mempesona dengan keunikan berbeda, beragam situs sejarah yang menyimpan kental nilai budaya, serta berbagai karya seni masih lestari, bernilai estetika tinggi, dan tempat wisata anak di Bali.

Pulau Bali memiliki destinasi wisata yang indah dikunjungi, apalagi berlibur bersama keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk menjelajahi pulau Bali. Dengan mengajak anak-anak untuk mengenalkan keunikan Bali. Bali juga punya tempat wisata anak, tempat wisata anak di Bali sangat beragam, mari simak informasi lengkap tempat wisata anak di Bali.

1. Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Penyu hijau adalah salah satu hewan langka yang dilindungi pemerintah. Pulau penyu memiliki banyak penyu yang dilindungi dan dikelola oleh masyarakat sekitar Tanjung Benoa yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan dahulunya. Cara terbaik menikmati liburan di pulau penyu Tanjung Benoa dengan menggunakan glass bottom boat.

Pulau Penyu Tanjung Benoa

Glass bottom boat atau perahu sejenis berkapasitas maksimum 10 orang penumpang. Ketika menaiki perahu kaca bagian bawah bisa melihat penyu dan seisi laut seperti ikan dan terumbu karang dari bawah perahu karena sebagian bawah perahu dibuat dari kaca tembus pandang. Untuk melihat penyu di tengah laut kira-kira berjarak 300 – 500 meter dari pinggir pantai.

Harga tiket glass bottom boat ke pulau penyu Tanjung Benoa sebesar Rp 350.000 / 1 perahu dengan kapasitas perahu maksimal 10 orang penumpang. Sedangkan harga tiket masuk wisata pulau penyu tanjung benoa Rp 10.000 / orang. Berlibur ke pulau penyu bersama anak sekaligus mengenalkan anak tentang laut.

2. Bali Safari and Marine Park

Tempat wisata anak di Bali yang satu ini memang di desain dengan ornamen khas Bali. Bali Safari dan Taman Marine memiliki beragam jenis hewan. Hewan yang sering dijumpai hingga hewan langka dan dilindungi ada di sini. Sekitar 50 jenis spesies bertempat tinggal di Bali Safari dan Marine Park.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Di Nusa Dua Bali Yang Jarang Diketahui!!!
bali safari and marine park jungle hopper

Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Profesor Ida Bagus Mantra di kilometer 19,8. Untuk harga tiket masuk Taman Safari & Laut Bali Rp 150.000 untuk Dewasa dan untuk anak-anak berusia 3 hingga 12 tahun sebesar Rp 135.000 per anak. Bali Safari dan Marine Park sendiri buka dari jam 09.00 hingga 17.00 waktu lokal.

3. Taman Petualangan Bali Treetop

Bali Treetop Adventure Park merupakan salah satu wisata alam. Di tempat ini juga memiliki sirkus yang menantang. Tak hanya itu saja, disini juga bisa melihat pemandangan indah dari atas pohon. Tempat ini cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan outbound di Bali bersama anak-anak.

Taman Petualangan Bali Treetop

Selainoutbound, juga tersedia olahraga arung jeram dan air. Tempat wisata ini tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga cocok untuk berlibur bersama sekeluarga. Setiap hari buka mulai 09:30 – 18:00 waktu lokal. Lokasinya di objek wisata Kebun Raya Bedugul Bali Candikuning, Baturiti Tabanan.

4. Pertunjukan Devdan Nusa Dua Bali

Pertunjukan Devdan adalah tontonan seni senior, yang sangat cocok untuk ditonton anak-anak. Karena ini akan membahas pengetahuan dan juga akan memperkenalkan kekayaan budaya nusantara Indonesia untuk pengunjung. Budaya yang dibawakan pada pertunjukan devdan berbagai macam budaya Pulau Papua, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

pertunjukan devdan nusa dua bali

Tidak hanya menampilkan teater tetapi juga menampilkan atraksi yang apik.Jika ingin melihat pertunjukan ini di Jalan Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan. Devdan show tidak buka setiap hari, pertunjukan hanya di hari tertentu. Buka di hari senin, rabu, jumat, dan sabtu, pada pukul 19.30.

Untuk harga tiketnya sendiri bermacam-macam harga, untuk VIP khusus hari Sabtu sebesar Rp. 1.000.000 per kursi. Dan untuk harga kategori A Rp. 600.000 per kursi, di kategori B sebesar Rp. 450.000 per kursi, dan kategori C dengan harga Rp. 300.000 per kursi. Tentu dengan harga yang cukup besar sebanding dengan pertunjukannya yang memukau setiap penonton.

5. Alas Kedaton Monkey Forest Bali

Tempat ini merupakan kawasan hutan lindung, Alas kedaton temple Bali memiliki luas sekitar 12 hektar. Banyak terdapat pepohonan dan banyak kera berkeliaran terletak di dalam hutan. Di dalam Alas Kedaton Bali juga terletak di pura Kedaton. Alas Kedaton Bali adalah obyek wisata dimana bisa berinteraksi langsung dengan kera.

alas kedaton monkey forest bali

Kera di Alas Kedaton cukup banyak, anak-anak juga bisa memberi makan kera-kera. Untuk memberi makan kera, pengunjung tidak perlu membawa dari rumah, di sana sudah ada kios-kios yang menjual makanan kera seperti pisang dan kacang-kacangan.

Baca juga:  Enchantment of Nature tour Kuta Beach (Sunset Beach), Bali Indonesia

Akan tetapi untuk tempat wisata satu ini, untuk para orang tua harus memilih putra-putrinya lebih ekstra. Meskipun kera termasuk hewan yang cukup jinak, kera yang buas atau berada di posisi terancam akan melukai pergi didekatnya.

Lokasi Alas Kedaton berada di Jalan Batukaru, Kukuh, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Buka dijam 08.00 – 19.00. Harga tiket masuknya Cukup terjangkau sebesar Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 7.500 untuk anak-anak. Apakah tertarik untuk mengunjungi Alas Kedaton yang berada di tengah hutan. Dan cocok untuk menyegarkan pikiran dari hiruk pikuknya kota.

6. Taman Burung Bali Bird Park

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tidak mengunjungi Taman Burung Bali. Taman Burung Bali tidak hanya memiliki banyak koleksi, bahkan taman burung ini tercatat sebagai taman burung terbesar di Indonesia. Berbagai jenis burung ada di sana sekitar 1.000 lebih sedikit tinggal di taman Bird Park Bali.

taman burung bali bird park
taman burung bali bird park

TamanBurung Bali memiliki koleksi burung lengkap. Memiliki sekitar 250 spesies jenis unggas. Bertempat di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu. Buka pukul 09.00 – 17.30, dengan tarif masuknya Rp. 150.000 untuk dewasa dan Rp. 75.000 untuk anak-anak.

7. Taman Kebun Binatang Bali Gianyar

Taman Kebun Binatang Bali Gianyar yang ada di Jalan Raya Singapadu Banjar Seseh Batuan Sukawati Gianyar juga menyediakan wahana udara. Cukup mengeluarkan Rp. 110.000 / dewasa dan Rp. 85.000 / Anak-anak (2-12 tahun) bisa melihat beberapa koleksi hewan Taman Kebun Binatang Bali Gianyar dan bermain wahana air. Kebun Binatang Bali yang buka mulai pukul 09.00 – 17.00 ini merupakan salah satu kebun binatang terbaik Asia-Pasifik.

Taman Kebun Binatang Bali Gianyar
foto by: Google.co.id

Di dalamnya disuguhi hewan yang memiliki mirip dengan habitat yang dimiliki. Selain itu, juga ada wahana air, menyajikan hewan, memberi makan hewan langsung, hingga bisa berfoto bersama hewan yang menggemaskan. Taman Kebun Binatang Pastinya Bali merupakan tempat wisata anak di Bali yang wajib ada di daftar persetujuan objek wisata.

8. Rumah Pohon Karangasem Bali

Rumah pohon Karangasem memiliki keunikan khusus, yaitu pada bangunan Pondok yang menjulang tinggi. Semua rumah dibuat dari bambu menambah keunikan. Rumah pohon Karangasem menyuguhkan pemandangan alam yang membuat terbius setiap pemandangannya. Untuk naik ke rumah pohon penduduk desa, akan melewati jembatan yang sepenuhnya dibuat dari bambu.

rumah pohon temega kabupaten karangasem bali

Daya tarik rumah pohon Karangasem terdapat pada puncak rumah Kubu. Dari puncak rumah Kubu akan terlihat indahnya bangunan rumah penduduk desa dan pepohonan rimbun. Sayang sekali jika melewatkan rumah pohon Karangasem terlebih dahulu jika bersama anak-anak yang akan meninggalkan kesan khusus.

Baca juga:  10 Rekomendasi Hotel di Bali Dekat Pantai yang Bagus dan Murah!

Bertempat di Desa Batu Dawa, Kabupaten Karangasem, Bali. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang bisa puas berlibur bersama anak-anak.

9. Taman Air Circus

Berlibur bersama anak-anak memang menyenangkan, terlebih anak-anak sangat menyukai wisata udara. Taman air sirkus merupakan tempat wisata anak di Bali yang cocok dikunjungi. Ada berbagai jenis permainan udara, seperti spiral slide, ombak buatan, trampolin, malas river, dan speed slide.

Taman Air Circus bali

Tentunya mengajak anak-anak ke taman air sirkus sangat tepat karena banyak wahana udara yang wajib dicoba. Letaknya yang berada di Jalan Kediri, Tuban, Kuta Selatan dan untuk tiket masuk Rp 150.000 / dewasa, anak Rp 100.000 / anak (2 – 12 tahun). Jika tertarik untuk berlibur ke taman air sirkus buka mulai pukul 09:00 – 18:00.

10. Bali Fun World Gianyar

Ingin berlibur bersama anak-anak tetapi tidak mau anak-anak terkena sinar matahari? Bali fun world Gianyar adalah tujuan wisata anak yang tepat. Bali fun world Gianyar tercatat sebagai tempat wisata anak indoor di Indonesia terbesar. Bertempat di Jalan Lettu I Wayan Sutha II Banjar Paninjoan Batuan Sukawati, Gianyar.

Bali Fun World Gianyar

Dibangun di daerah yang luasnya kurang lebih 5.000 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 2.000 meter persegi. Untuk masuk ke wisata anak di dalam ruangan terbesar ini cukup dengan bayar Rp. 45.000 per orang dewasa atau anak-anak. Buka mulai pukul 09:30 – 20:00.

Penutup

Beberapa informasi lengkap tentang tempat wisata anak di Bali ini merupakan sebagian besar dari keunikan Bali. Setiap tempat wisata memiliki keunikan khusus. Tentunya mengajak anak-anak liburan dengan penjagaan yang ekstra karena keamanan anak adalah hal utama. Agar liburan aman, perlu me-manage semua hal sebelumnya agar liburan berjalan sesuai rencana.