9 Kulier Di Kupang Yang Khas Dan Mengejutkan, Wajib Untuk Dicoba

By | Februari 6, 2019

Kuliner di Kupang, Sudah pernah jalan-jalan ke Kupang? Sebuah kotamadya yang cukup besar di darah Nusa Teggara Timur dan juga termasuk ibukotanya. Karena daerah Kupang dikelilingi dengan perairan tidak heran jika banyak sekali tempat wisata di Kupang bernuansa air dan sangat menarik untuk dikunjungi ketika anda sedang berlibur. Buat anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi gunakan jasa sewa rental mobil di kupang dengan tarif relatif murah.

Tempat makan kuliner di kupang
tribunnews.com

Bukan hanya tempat wisatanya saja, tetapi jika anda ke Kupang pastikan untuk mencoba beberapa makanan khasnya yang cukup terkenal. Sangat banyak makanan dari Kupang yang bisa anda nikmati dan hal tersebut akan membantu liburan anda semakin berkesan. Berikut ini beberapa kuliner di Kupang yang dapat anda coba.

Daftar Tempat Makan Kuliner di Kupang yang Khas dan Enak

1. Jagung Catemak

Pertama, ada Jagung Catemak yang juga terkenal di Kupang dan menjadi salah satu makanan  khas dari Kupang. Namanya saja sudah Jagung Catemak, merupakan makanan dengan bahan dasar jagung. Di Kupang makanan Jagung Catemak dijadikan sebuah makan penutup, memang sekilas bentuknya seperti kolak namun Jagung Catemak memiliki rasa asin. Selain jagung ada juga makanan campuran labu lilin dan kacang hijau. Anda dapat menemukan Jagung Catemak ini di sekitar tempat makanan yang ada di Kupang atau tidak jarang juga para pedagang kaki lima menjualnya ketika malam hari.

2. Muku Loto

Selanjutnya ada Muku Loto atau yang dikenal dengan naman Nagekeo di daerahnya. Muku Loto merupakan makanan khas yang sudah lama ada dan biasanya disajikan ketika ada pesta adat , namun tidak hanya itu ketika ada pesta pernikahan juga akan disajikan. Biasanya sering digunakan sebagai sayur oleh masyarakat Kupang, maka dari itu anda juga harus mencobanya. Di buat dari pisang yang dikupas tetapi tetap menyisakan kulit bagian dalamnya. Setelah itu dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan menggunakan batang pisang juga. Siapa yang menyangka bahwa hasil akhir membuat teksturnya lembut. Anda juga bisa menikmati Muku Loto ini beberapa tempat makanan khas dari Kupang.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Kupang yang Hits dan Rekomended Untuk Liburan

3. Kena Kita

Namanya Kena Kita, memang cukup unik tetapi juga termasuk salah satu makanan khas dari Kupang yang banyak diminati para wisatawan ketika berlibur. Kena Kita serupa bubur tetapi isi dalamnya merupakan ubi-ubian dan kacang. Disajikannya dengan taburan kelapa parut agar rasanya jauh lebih gurih. Tidak jarang juga beberapa orang suka sekali menggunakan tambahan cabe rawit agar rasanya lebih pedas. Anda dapat menikmati makanan ini di Kupang, biasanya banyak yang menjual ketika pagi hari sebagai menu untuk sarapan.

4. Jawada Kupang

Jawada atau yang punya naman lain kue rambut ini juga merupakan salah satu makanan khas di Kupang. Biasanya kue ini akan disajikan di upacara adat yang istimewa, bentuknya segitiga dan memiliki aroma khas. Jawada merupakan campuran antara tepung, aren, air nira, santen dan gula merah. Rasanya juga manis dan sangat khas sehingga tidak heran jika banyak yang suka. Jika sudah digoreng, tekturnya menjadi seperti bihung goreng kering, maka dari itu namanya kue rambut. Makanan khas dari Kupang ini mudah di temukan di beberapa tempat.

5. Tempat Makan Se’i

Ada juga Se’i yang juga merupakan kuliner di Kupang yang  terkenal dan khas. Makanan yang menggunakan bahan dasar daging sapi atau babi ini memang sangat banyak diminati oleh para wisatawan. Baru-baru ini makanan Se’i juga menggunakan daging ikan, sesuait dengan selera para pembelinya. Kata Se’i sendiri punya arti daging tipis yang diiris dengan bentuk memanjang. Makanan Se’i ini sangat mudah untuk ditemukan di Kupang, beberapa tempat makan memberikan menu Se’i yang cukup laris sebab aroma dan rasanya sangat enak juga khas. Jika anda tidak mengkonsumsi makanan babi, maka dapat juga meminta daging sapi atau daging ikan.

6. Tempat Makan Kolo

Di kupang berlibur sembari menikmati makanan khas tentu akan membuat liburan anda menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Selanjutnya anda juga dapat mencoba makanan khas Kolo. Makanan khas tersebut terbuat dari bahan nasi yang dimasak dengan menggunakan batang bambu, bisa juga disebut dengan nama nasi bambu. Kolo sendiri disajikan sebagai makanan utama dan didampingi dengan beberapa lauk seperti daging ayam atau lauk pauk lainnya. Sayangnya jarang sekali ada yang menjual Kolo, biasanya mereka membuat makanan khas yang satu ini ketika sedang ada upacara adat.

Baca juga:  10 Daftar Sewa Rental Mobil Di Kupang Paling Murah dan Lepas Kunci

7. Jagung Bose Kupang

Selanjutnya Jagung Bose yang juga merupakan makanan dari Kupang dan termasuk makanan pokok untuk menggantikan nasi. Dibuatnya dari jagung putih yang rasanya lebih manis. Seringkali disajikan ketika ada acara besar-besaran di Kupang, bahkan kuliner Jagung Bose juga dapat ditemukan di rumah-rumah warga dan diolah dengan keinginan mereka. Jagung Bose memiliki arti jagung yang dilunkkan. Penyajiannya seperti bubur dan dipadukan dengan menggunakan lauk pauk seperti tumis paria, tuna goreng, sambal lu’at, dan juga tahu bumbu. Jika anda ingin mencoba Jagung Bose maka anda harus datang ke rumah warga atau datang ketika ada acara yang besar.

8. Ubi Naubosi

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan makanan ubi, tanpa harus ke Kupang pun anda juga dapat menikmati ubi. Tapi ubi yang ada di Kupang berbeda, Ubi Naubosi merupakan salah satu kuliner khas yang wajib untuk anda coba. Ubi Naubosi juga dikatakan makanan favorit Kupang dan harganya bisa mencapai 60.000 IDR untuk satu ikatnya. Ubi Naubosi memiliki kelebihan tekstrunya lebih lembut, ubina harum dan tidak membuat anda kembung. Banyak juga orang yang menjual Ubi Naubosi di pusat oleh-oleh Kupang dan pastikan untuk membelinya karena rasanya yang begitu nikmat.

9. Jagung Titi

Jagung Titi juga termasuk makanan khas Kupang yang bisa anda nikmati. Di buat dari jagung tapi bentuknya tipis dan cocok digunakan untuk cemilan menunda lapar. Sering juga disuguhkan oleh para warga pada tamu. Bahan dasarnya adalah jagung dan digoreng tanpa minyak, kemudian ditumbuk. Rasanya sekilas memang mirip dengan popcorn, ada juga yang memberikan tambahan rasa asin pasti jauh lebih enak. Tetapi penduduk lokal biasanya makan  tanpa ada rasa atau hambar. Jika anda menginginkan rasa yang manis maka ada juga yang sebelum di tumbuk dimasukkan ke dalam air gula.

Itulah beberapa kuliner di Kupang yang bisa anda coba cicipi ketika sedang berlibur di sana. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Kupang yang Hits dan Rekomended Untuk Liburan

Berikan Ratings:

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *