0 views

Liburan Di Banda Aceh, Nikmati 10 Kuliner Makanan Khas dan Oleh Oleh

3 min read

kuliner di banda aceh

Kuliner di Banda Aceh, Menikmati liburan di beberapa tempat wisata di Banda Aceh memang menyenangkan. Pasalnya kota yang dulunya pernah diterjang tsunami sekarang ini sudah berbenah kembali dan tempat liburannya sangat menyenangkan. Karena cukup banyak tempat wisata yang ada di Banda Aceh rasanya akan kurang tepat jika anda datang selama sehari atau dua hari.

kuliner di banda aceh
tribunnews.com

Bukan hanya tempat wisatanya, tetapi makanan khas aceh juga wajib untuk anda coba. Rasanya yang khas akan membuat liburan anda semakin lebih berarti lagi. Berikut ini macam-macam makanan khas dari Banda Aceh yang wajib anda coba ketika sedang ada di sana. Jika anda tidak memiliki kendaraan di aceh, anda bisa menggunakan jasa sewa rental mobil dengan tarif murah anda bisa menggunakan selama 24 jam.

Daftar Kuliner Makanan Khas Dan Oleh Oleh Khas Aceh Yang Wajib Anda Coba

1. Ayam Tangkap Aceh

Sudah bukan rahasia lagi, Ayam Tangkap merupakan salah satu kuliner yang paling laris manis dan selalu dicari para wisatawan ketika sedang di Banda Aceh. Terbuat dari bahan dasar ayam yang diberi bumbu rempah bermacam-macam seperti bawang merah, bawang putih, daun temurui, dan juga cabe hijau. Diberi nama Ayam Tangkap karena biasanya daun temuruinya disajikan dengan jumlah banyak. Dibandrol dengan harga 60.000 IDR dengan tambahan nasi hangat dan Ayam Tangkap ukuran satu ayam utuh berbumbu kecap. Lokasinya ada di Rumah Makan Aceh Rayeuk, Rumah Makan Hasan, dan juga Rumah Makan Cut Dek.

2. Mie Aceh

Seperti Ayam Tangkap yang terkenal, Mie Aceh juga termasuk kuliner yang wajib anda coba ketika sedang di Aceh. Sangat terkenal sekali bahkan juga dijual di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Mie Aceh awal mulanya disajikan dengan menggunakan irisan daging dan juga seafood, kemudian digoreng bersama dengan mie yang memiliki ukuran besar. Tambahan bumbu membuatnya semakin terlihat sedap. Jika anda ingin mencobanya maka coba di Rumah Makan Razali di Peunayong.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Di Banda Aceh Lagi Hits Dan Wajib Untuk Dikunjungi

3. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong bisa jadi rekomendasi kuliner yang dapat dicoba selanjutnya ketika ada di Banda Aceh. Kuliner yang satu ini merupakan kari yang khas Aceh. Beulangong sendiri artinya belangga yang besar untuk memasak makanan khas ini. Aroma dari Kuah Beulangong ini sangat sedap sebab menggunakan bumbu dan juga rempah-rempah yang banyak. Yang membedakan Kuah Beulangong dengan kari biasanya adala kelapa parutnya dioseng bersama dengan bumbunya yang khas. Biasanya Kuah Beulangong disajikan dengan daging sapi, ayam, atau kambing. Sajikan dengan es timun yang segar agar kadar kolestrol ternetralisir.

4. Kuwah Pliek U

Kuwah Pliek U juga makanan yang khas di Banda Aceh yang lebih mirip dengan gulai. Bedanya lagi Kuwah Pliek U dilengkapi dengan daun danjuga buah melinjo, kacang tanah, kacang panjang, daun pepaya, dun kecombrang, dan juga daun singkong. Kemudian tambahan spesialnya ada chu atau sejenis siput sungai. Sebenarnya ini hidangan kerajaan tetapi menyebar menjadi kuliner yang bisa dinikmati oleh masyarakat Aceh. Biasanya Kuwah Pliek U disajikan ketika sedang acara hajatan.

5. Ikan Kayu Aceh

Selanjutnya ada Ikan Kayu juga kuliner khas Aceh yang cocok dinikmati ketika liburan. Memang sajian makanan ini harus anda coba sebab rasanya sangat berbeda. Ikan Kayu ini sudah lama jadi makanan khas di Aceh. Kulinernya disebut dengan eungkot keumamah. Biasanya disajikan dengan gulai khas dari Aceh. Harganya memang sangat murah, dan juga tahan lama sampai setahun jadi dapat dijadikan sebagai oleh-oleh kelurga di rumah. Anda dapat menemukannya di toko oleh-oleh yang tersedia di Banda Aceh.

6. Kue Bhoi

Ketika anda sedang berlibur di Aceh, tentunya ingin membawa makanan khas dari Aceh yang dapat dibawa kemana-mana selama traveling. Kue Bhoi adalah makanan yang sangat cocok, selain bentuknya yang tidak memakan banyak tempat ternyta rasanya juga sangat enak. Bentuknya juga lucu-lucu seperti binatang, bunga, dan juga beberapa bentuk lainnya. Tidak hanya digunakan untuk bekal berwisata, ternyata juga bisa digunakan untuk oleh-oleh dan harganya juga terjangkau. Kue Bhoi dapat ditemukan di toko oleh-oleh yang ada di Aceh.

Baca juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Takengon Yang Sayang Untuk Dilewatkan

7. Sate Matang

Selanjutnya, makanan khas dari Aceh yang selalu diburu oleh para wisatawan adalah Sate Matang. Makanan ini disajikan dengan menggunakan kuah kaldu yang sangat gurih. Ada minuman yang juga cocok jadi teman ketika makan Sate Matang, yaitu kopi susu khas Aceh. Biasanya Sate Matang ini dijual di kedai Sate Matang Dek Wan, Jalan Teungku Imum Lungbata. Bandrolan harganya juga cukup terjangkau, sekitar 25.000 IDR untuk satu porsinya dan anda sudah bisa merasa kenyang.

8. Sie Reboh Puteh (Daging Masak Putih)

Sie Reboh Puteh merupakan makanan kuliner yang terkenal di Aceh, terbuat dari daging sapi yang direbus menggunakan santan dan juga bumbu lainnya. Rasanya memang benar-benar khas sebab unik, selain dagingnya yang empuk bisa membuat ketagihan.  Anda dapat menemukannya di Rumah Makan Aceh Rayeuk dengan bandrolan harga sekitar 8000 IDR untuk satu porsinya. Makanan Sie Reboh Puteh atau daging masak putih ini tidak pedas dan asin, tetapi sangat pas di lidah ketika dimakan.

9. Martabak Telur Aceh

Mungkin anda dapat menemukan martabak dimanapun anda berada, tetapi ketika di Aceh anda juga harus mencoba Martabak Telur Aceh yang sangat khas. Terbuat dari tepung terigu yang ditutui dengan menggunakan telur, sebelumnya telur dicampur dengan menggunakan sayur yang dipotong kecil-kecil. Martabak Telur Aceh disajikan dengan menggunakan acar bawang merah dan juga cabe rawit. Yang terunik adalah alat masak yang digunakan berupa patak dan datar. Bandrolan harganya sangat terjangkau, mulai dari 7000 IDR. Anda dapat menemukan Martabak Telur Aceh di banyak tempat.

10. Roti Canai

Terakhir ada Roti Canai yang terbuat dari tepung terigu dan diberi bentuk bulat, kemudian dimasak dengan menggunakan mentega. Roti Canai disajikan dengan menggunakan berbagai macam rasa, seperti kari ayam, kari kambing, durian, cokelat, bahkan hanya dengan gula pasir. Harga yang dibandrol sangat murah meriah, sekitar 8000 IDR untuk satu porsinya dan anda dapat menemukannya di Canai Mamak KL, Setui. Ketika sudah mencobanya, pasti anda ketagihan dan ingin membelinya lagi.

Baca juga:  Wisata Pantai Lampuuk Banda Aceh dan Destinasi Di Sekitarnya yang Hits

Itulah beberapa kuliner di Banda Aceh yang dapat anda coba ketika sedang berlibur. Sebenarnya banyak juga makanan khas di Banda Aceh, hanya saja beberapa menu makanan di atas adalah yang paling banyak diminati. Semoga bermanfaat dan terima kasih.