Cara Atasi Toilet Mampet Sebelum Memanggil Jasa Sedot WC Garut

Sedot WC Garut adalah solusi yang tepat bagi permasalahan toilet mampet. Biasanya, hal ini ditandai dengan kotoran yang sudah berkali-kali disiram, namun tak kunjung hilang. Tentu bikin siapapun yang mengalaminya merasa jengkel.

Selain itu, masalah WC yang mampet juga dapat menyebabkan seisi rumah berbau tidak sedap. Sebab, kotoran tidak bisa masuk ke septic tank. Septic tank sendiri telah menjadi persoalan yang serius di kota-kota besar. Pasalnya, letak pemukiman warga yang berdempetan secara otomatis membuat keberadaan septic tank saling berdekatan.

Sedot WC Garut

Tapi, tidak usah khawatir. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah, kok. Tanpa memanggil jasa reparasi pipa toilet, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur berikut:

Garam

Garam nggak cuma berguna buat memberi rasa asin pada makanan. Ia ternyata dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari menyembuhkan sakit gigi sampai mengatasi toilet yang mampet. Gimana caranya?

Ingat, garam yang digunakan di sini adalah jenis garam batu. Tapi, kalau kamu sulit menemukannya, pakai saja garam dapur kasar yang dicampur dengan baking soda atau soda kue. Untuk penerapannya, ikuti langkah-langkah di bawah:

  • Pertama, pastikan dulu, apakah air yang ada di WC meluber atau tidak. Jika meluber atau terlalu penuh, tunggu sampai surut dan kembali seperti semula.
  • Kedua, tuangkan secangkir atau sekitar 500 gram garam batu ke lubang WC. Apabila kamu menggunakan garam dapur, tambahkan pula secangkir baking soda.
  • Ketiga, tuang seliter air mendidih ke dalam lubang WC. Biarkan selama kurang lebih 8 jam.
  • Setelah 8 jam, seharusnya penyumbatan dalam WC sudah luluh. Kamu bisa menyiramnya dengan air yang banyak supaya sumbatan tersebut segera masuk ke septic tank. Namun, bila masih mampet, doronglah dengan tongkat pipa atau sedot WC. Pompa berkali-kali sampai salurannya lancar.

Sabun Cuci Piring

Sama halnya dengan garam, sabun cuci piring juga bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Di samping mampu membuat peralatan makanmu kinclong, ia juga dapat meluruhkan kotoran-kotoran yang tersumbat di toilet, loh!

Kamu pasti pernah, kan, ngebuang tissue, kertas atau pembalut ke dalam WC entah sengaja maupun tidak? Kalau dilakukan sekali, sih, tidak masalah. Bagaimana bila berkali-kali? Justru memicu masalah yang lebih besar.

Nah, tanpa memanggil jasa sedot WC Garut, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan sabun cuci piring. Berikut caranya:

  • Pastikan air yang ada di dalam toilet tidak meluber. Apabila kondisinya demikian, lakukan cara yang sama seperti pada langkah pertama mengatasi WC mampet menggunakan garam di atas.
  • Jika sudah, tuang sabun cuci piring ke lubang WC dan tambahkan air panas. Tunggu hingga beberapa menit.
  • Sabun bakal bantu melonggarkan saluran WC serta mendorong penyumbat keluar melalui pipa.
  • Setelah itu, siram toilet untuk mengecek apakah masih ada penyumbatan atau tidak.

Akan tetapi, bila cara di atas belum efektif untuk menangani masalah WC yang mampet, panggil saja tukang reparasi pipa atau sedot WC Garut. Jangan ragu untuk melakukan negosiasi, terutama masalah harga. Karena siapapun tentu menginginkan biaya yang terjangkau, bukan?

Selain itu, awasi pengerjaannya dan ajukan keluhan bila diperlukan. Hal itu supaya kamu tidak mengalami masalah yang sama di kemudian hari. Jika toilet bisa digunakan seperti semula, tentu seisi rumah akan lebih tenang. Semoga tips di atas bermanfaat.