Rangkuman Berita Seputar Garut Hari Ini: 4 November 2020

Sudahkah kamu menyempatkan diri untuk membaca berita terhangat seputar Swiss van Java? Jangan dilewatkan, ya! Sebab, ada banyak hal yang terjadi di Garut hari ini, 4 November 2020. Mulai dari berita seputar pandemi hingga jadwal perpanjangan SIM keliling terbaru.

berita garut hari ini

Untuk membantumu mendapatkan informasi tersebut, kami akan merangkumkan semuanya di bawah:

Hotel dan Destinasi Wisata di Garut yang Patuhi Protokol Kesehatan Akan Diberi Diskon Pajak

Begitulah judulnya. Jadi, Pemerintah Daerah Garut bakal memberi ‘hadiah’ bagi pengelola hotel dan tempat wisata yang mematuhi protokol kesehatan. Nah, ‘hadiah’ ini hadir dalam bentuk pengurangan pajak.

Hal itu telah disampaikan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan. Beliau mengatakan bahwa akan ada diskon pajak sebesar 25-50% untuk hotel dan destinasi wisata yang menerapkan prokes dengan baik dan ketat.

Penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi buat para pengelola supaya tetap menaati peraturan selama pandemi. Sayangnya pemotongan pajak tidak berlaku bagi yang masih menerapkan prokes dengan longgar.

Selain itu, pasca long-weekend di akhir Oktober 2020 lalu, Pemda Garut juga mengantisipasi adanya klaster baru dari para wisatawan. Pihak mereka pun mengambil sampel wisatawan secara acak untuk kemudian diswab test.

Rudy menambahkan, tak hanya wisatawan yang menjalani swab test, melainkan para pekerja hotel dan wisata. Kondisi kesehatan mereka akan diperiksa untuk menghindari terjadikan penularan COVID-19.

Operasi Zebra Lodaya 2020, Satlantas Polres Garut Bagikan Paket Beras ke 3 Pesantren

Operasi Zebra Lodaya 2020 yang digelar oleh jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut kali ini berbeda. Jika biasanya mereka menindak para pengguna kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas, kini justru melakukan tindakan kemanusiaan.

Hal itu, menurut AKP Asep Nugraha, SH, Kasat Lantas Polres Garut, dilaksanakan sesuai instruksi Kapolri. Dalam kegiatan tersebut, mereka membagikan paket beras sebanyak 4 ton ke 3 pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Garut.

Tiga pesantren mendapat distribusi beras di antaranya, Pesantren Suci II Kecamatan Karangpawitan, Masjid Al Hasan di Kecamatan Leuwigoong dan Masjid Al Husaeni Kampung Jager Banyuresmi. Asep mengatakan bahwa ini adalah bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat selama pandemi.

Di samping paket beras, selama Operasi Zebra Lodaya yang dimulai sejak 26 Oktober-8 November 2020 mendatang, Satlantas Polres Garut juga membagi-bagikan masker. Dengan adanya kegiatan ini, Kasatlantas berharap masyarakat Garut tetap menerapkan prokes guna memutus tali persebaran COVID-19.

Jadwal SIM Keliling di Garut, Rabu 4 November 2020

Pasti banyak sekali yang mencari informasi tentang perpanjangan SIM, terutama di tengah pandemi. Pasalnya, saat ini, kan, kita dihimbau untuk menghindari kerumunan. Jangankan pergi ke Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas), antri di swalayan saja harus berjauh-jauhan.

Nah, di Garut hari ini, Rabu 4 November 2020, ada layanan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) keliling. Pelayanan tersebut diselenggarakan di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menurut postingan Satpas Polres Garut di Instagram, mobil SIM keliling Polres Garut bakal nangkring di Alfamidi Cibatu. Pelayanan dimulai dari pukul 08.00-15.00 WIB. Tapi, waktunya dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Sebagai informasi, SIM keliling hanya melayani pemohon yang hendak memperpanjang SIM A dan SIM C. Syarat yang perlu dibawa, yaitu fotokopi KTP, fotokopi SIM asli serta bukti cek kesehatan. Perpanjangan SIM sendiri bisa dilakukan maksimal H-14 sebelum masa berlakunya berakhir.

Demikianlah berita tentang Garut hari ini. Senantiasa jaga kesehatan dan jangan lupa memakai masker saat keluar rumah untuk memutus rantai COVID-19.